Sofa Botol Plastik Mulai Banyak Peminat

Bukan bualan semata, Sofa yang terbuat dari sampah botol plastik memang terbukti tak kalah saing dengan sofa pada umumnya yang dijual oleh meubel-meubel ternama. Ketika telah dilapisi busa dan dibungkus kain, tak akan ada yang menyangka jika sofa yang terlihat mewah tersebut terbuat dari sampah botol pelastik.

Bank Sampah Bintang Sejahtera adalah produsen dari Sofa Botol Plastik ini. Melalui Lalu Hendriansyah, Tim Kreatif Bank Sampah Bintang Sejahtera mengaku banyak Instansi Dinas di Provinsi NTB yang menjadi konsumen dari Sofa Botol Plastik.

“Yang menggunakan karya kami ada dari Dinas Pariwisata, Dinas Sosial, dan beberapa instansi dinas yang lainnya. Mereka sangat antusias menggunakan produk daur ulang dari kami,” jelas Hendri kepada Tim Media, (28/3).

Tak hanya dikomsumsi instansi dinas, sofa botol plastik rupanya juga mulai dilirik masyarakat. Bayu Andipa, pemuda yang baru saja melangsungkan pernikahannya di bulan januari kemarin mengaku tertarik untuk membeli sofa botol plastik ini.

“Sama sekali tidak terlihat seperti barang daur ulang. Saya merasa akalu membeli sofa daro sampah botol plastik ini dapat membantu mengkampanyekan zero waste walaupun tidak banyak yang dapat saya lakukan, setidaknya saya telah berusaha,” jelas Bayu.

Sofa dari Sampah Botol Plastik ini dibandrol berkisar 1,3 juta rupiah tergantung bahan kain dan jenis kaca untuk meja yang digunakan. Hendry menjelaskan, dalam sebulan Bank Sampah Bintang Sejahtera bisa memproduksi hingga 10 set sofa dan mendapatkan omset yang menguntungkan.

Bank Sampah Bintang Sejahtera sendiri mendapatkan bahan baku sampah botol plastik dari masyarakat berbagai kabupaten dan kota di Lombok. Hingga tahun ini, Bank Sampah telah bekerjasama dengan kurang lebih 106 desa di Lombok. Sampah botol plastik tersebut nantinya ditukar dengan uang yang masuk ke dalam buku tabungan nasabah sampahnya.

“Antusiasme masyarakat menukarkan sampahnya sangat besar. Bisa dating menggunakan mobil pick up bahkan truk besar. Semoga ini dapat mewujudkan cita-cita kita untuk menjadi daerah zero waste di kemudian hari,” tandasnya. (novita-tim media)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru