Mancing Sambil "Ngabuburit"

“Ngabuburit” atau  menunggu saat buka puasa adalah suatu hal yang sudah mentradisi pada berbagai kalangan ummat Islam. Namun, “Ngabuburit” dapat dilakukan di rumah sendiri bersama keluarga sambil mengikuti acara televisi, ataupun keluar bersama dengan handai taulan untuk jalan-jalan sore.Intinya, “Ngabuburit” dapat dilakukan dalam berbagai ragam bentuk.

Salah satu bentuk “Ngabuburit” yang sudah mentradisi pada masyarakat pesisir adalah dengan menjalankan aktifitasnya sebagai nelayan. Akan tetapi, “Ngabuburit” di laut bukan hanya dilakukan oleh masyarakat pesisir, namun dari kalangan guru-guru sekolah, pegawai negeri, atau pun kalangan anak muda banyak yang senang “Ngabuburit” di laut atau di pinggir laut dengan melakukan suatu kegiatan “memancing”.

Rahman asal Kelayu-Selong, sejak bulan puasa ini ia sangat aktif  memancing di kawasan Dermaga Tanjung Luar. Ia memilih kegiatan ini karena selain hoby, juga waktu yang tidak terasa untuk berbuka puasa sehingga membuat dirinya memilih “Ngabuburit” dengan tali pancingnya di Dermaga Tanjung Luar yang terletak di Kecamatan Kruak, Kabupaten Lombok Timur.

Pada tiap jam tiga sore, Rahman yang berusia 27 tahun ini sudah berada di tepi DermagaTanjung Luar. Di tepi Dermaga ini, ia selalu hadir dengan berbagai perlengkapan alat pancingnya. Berawal dari jam tiga sore ini ia pula selalu kelihatan asyik dan bersemangat untuk melemparkan tali pancingnya ke dalam laut, sehingga terkadang ia melupakan dirinya kalau lagi sedang beribadah puasa.

Di saat jelang buka puasa sudah tiba yaitu sekitar lima belas menit sebelum buka puasa, Rahman cepat berkemas-kemas untuk meninggalkan lokasi pemancingan itu untuk berbuka puasa di rumahnya yang bertempat tinggal di Kelayu Selong Lombok Timur.

Adapun hasil pancingan yang diperoleh oleh Rahman dari laut, itu biasanya disajikan pada saat sahur. Hal ini dilakukan karena keluarganya  tidak memilki kesempatan untuk mengolah atau memasaknya dengan cepat. () -03

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru