Saluran TV Kabel Dimanfaatkan Sebagai Media Informasi Warga


Lombok Timur. KM
_TV kabel sudah sangat umum di masyarakat, Khusunya di Kabupaten Lombok Timur. TV kabel dapat menjangkau segala kalangan. Semakin meningkatnya kebutuhan konsumen akan produk ini membuat produsen TV Kabel berusaha untuk terus memperluas jaringannya, termasuk juga di Desa Ketangga, Kecamatan Suela, kabupaten Lombok Timur NTB.

Banyaknya masyarakat yang berlangganan pada jaringan TV kabel menginisiasi salah seorang pegiat media komunitas menyampaikan informasi seputar komunitasnya.

Sebut saja Hajad Guna Roasmadi, putra kelahiran Ketangga 15 Juni 1984, memproduksi informasi dengan mengolah berita audio visual. Hasil produksinya kemudian diputar melalui jaringan TV kabel pada cenel modul DVD.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh keberadaan radio komunitas yang terganjal aturan. Misalnya radio komunitas Ninanta Fm Desa Ketangga tidak diperkenankan mengudara karena izin dari pemerintah. Sehingga para pegiat media komunitas mencoba mengambil alternative memanfaatkan jaringan TV kabel.

Hajad Guna R yang akrab disapa Eros ini bersama rekan-rekanya memproduksi berita audio visual dengan menyalurkan pada pengelolaan TV kabel.

Apapun bentuk informasi dari warga disampaikan melalui jaringan TV kabel. Para pelanggan TV kabel seputar desa tersebut menjadikan media alternative cenel sebagai saluran informasi dan hiburan bagi komunitasnya. Maka tepat pada tangal 15 juni 2014 disepakati dengan Speaker TV (Seruan pemuda kreatif).

Adapuan peralatan cukup sederhana, kamera telpon genggam untuk mengambil gambar kejadian yang diliputnya. Kemudian 1 unit komputer salah satu alat untuk menegdit visual dan audio serta memproduksi narasi berita. Dan flashdisk sebagai penampung hasil produksi berita yang kemudian diputar pada cenel modul induk TV kabel.

Banyaknya masyarakat yang mendudkung adanya program TV komunitas. Melalui saluran tv kabel ini salah satu alternative untuk mengawali informasi bermanfaat dari masyrakat oleh masyarakat adan untuk masyrakat. (Rozi) - 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru