Temu Kreatif Kampung Media, Dorong Percepatan Koperasi KM

KM LENGGE WAWO,- Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar kegiatan Temu Kreatif Antar Komunitas Kampung Media se Kabupaten Bima, Rabu (22/4) di aula SKB kecamatan Bolo Kabupaten Bima.

Dalam dalam Temu Kreatif Komunitas Kampung Media Kabupaten Bima, koordinator dan penggagas Kampung Media NTB dan kepala kampung,  Fairus Abadi, Kepala Dishubkominfi Kabupaten Bima, yang diwakilkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Kominfo Irfan, ST. Ing, coordinator Kampung Media Kabupaten Bima  yang merupakan Anggota komisi II DPRD Kabupaten Bima Haryadin, S. Sos, Camat Bolo Muslimin, S. Sos dan seluruh Komunitas Kampung  Media se Kabupaten Bima.

Dalam acara Temu Kreatif  yang digagas dan menjadi agenda rutin Kampung Media NTB setiap tahun merupakan program kegiatan yang membahas sosialisasi,  pengembangan Kampung Media (KM) kedepan dan diskusi tentang permasalahan, masukan dan kritikan membangun demi kemajuan kampung media kedepan.

Koordinator Kampung Media NTB, Fairuz Abadi dalam arahannya memberikan berbagai informasi terkait terobosan identitas keanggotaan KM. Saat ini bekerjasama dengan berbagai lembaga seperti Bank NTB dan sector swasta laiinya seperti supermarket ataupun hotel. KM sedang mengembangkan ID card yang teritegrasi dengan kartu ATM yang multifungsi.

Disamping itu, Faruz Abadi yang biasa disapa Abu Macel juga menambahkan untuk mendorong perkembangan kampung di wilayah-wilayah pelosok, diharapkan KM mensosialisasikan keberadaan KM dan memotifasi dan memperlopori terbentuknya KM baru.

Sedangkan untuk pengembangan dan percepatan KM Mandiri, Fairuz mengingatkan KM untuk menciptakan dan mengembangan ekonomi kreatif atau mendorong pelaku ekonomi kraetif di daerah masin-masing.

Rencana Kampung Media untuk membentuk Koperasi Kampung Media juga tahun 2015 ini akan terealisasi, karena saat ini semua persyaratan dan kelengkapan bahan administrasi sedang disiapkan untuk dirampungkan. KM yang tersebar di seluruh NTB nanti dapat mengembangankan koperasi di wilayah masing-masing.

Setelah di louncing akhir bulan Desember tahun 2013 yang lalu, kampung media menjadi portal terbuka untuk umum, bahkan orang diluar NTB atau luar Negeripun bisa menjadi anggota KM. Hingga tahun 2015 ini sebanyak 150 komunitas Kampung Media sudah terdaftar di portal KM, dengan anggota 1543 orang.

Kampung Media juga setiap tahun menggelar Jambore, kegiatan yang adakan setiap tahun yang menjadi program tahunan untuk memberikan anugerah Duta Informasi kepada Kampung yang di anggap berhasil menjadi Kampung Media terbaik se NTB dengan berbagai kategori. Namun Jambore Kampung Media Tahun 2015 ini akan sedikit berbeda dengan rencana acara diruang terbuka, dan KM NTB hanya mengundang dan mengakomodasi KM yang meraih penghargaan di beberapa Kategori. (Efan) 02

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru