Membuat Tas dari Bibir Gelas Minuman

Hai pembaca Mesra! Bulan lalu kita pernah membahas ide kreatif ibu-ibu di Seteluk yang menciptakan tas unik dari gelang bibir gelas bekas minuman. Berhubung waktu yang terbatas waktu itu, kita hanya dapat membahas singkat bagaimana cara merangkai gelang-gelang bibir gelas. Nah, sekarang ini mari saya jelaskan bagaimana cara merangkai gelang-gelang bibir gelas hingga menjadi tas utuh yang siap dijual atau digunakan sendiri.

Kali ini kita mencoba membuat tas ukuran sedang. Pertama, yang perlu anda siapkan adalah sekitar 195 buah gelang bibir gelas yang sudah digunting dan dirapikan, segulung tali senar ukuran sedang, selang transparan sepanjang ± 6m, dan beberapa helai kain bekas.

Tahap pertama dalam merangkai gelang bibir gelas adalah menyusun 39 buah gelang bibir gelas menjadi sebuah rangkaian panjang yang diikat dengan tali senar. dengan 156 buah gelang bibir gelas anda dapat menghasilkan empat gelang besar yang terdiri dari 39 buah bibir gelas  yang dirangkai. Sementara bagian dasar tas, kita hanya memerlukan 3 rangkai pendek. Dua di antaranya terdiri dari 13 buah gelang bibir gelas dan satu rangkaian lainnya terdiri dari 15 gelang bibir gelas.  

 Selanjutnya, keempat rangkaian bibir gelas disusun lagi menjadi satu dengan tali senar untuk membentuk dinding tas. Sama seperti bagian dinding, rangkaian bagian dasar tas diikat menjadi satu dan dengan satu rangkaian yang lebih panjang berada ditengah. Rangkaian dasar tas yang sudah jadi diikatkan ke bagian bawah tas dengan senar. Untuk memberi kesan rapi, sambungan antara bagian dasar tas dengan dinding tas dibungkus dengan kain bekas berwarna senada dan dilapisi selang transparan yang sudah dibelah. Begitu pula pada bagian bibir tas. Selanjutnya selang pembungkus diikat dengan tali senar.

Nah, seluruh rangkaian gelang bibir gelas tadi telah terangkai menjadi tas utuh. Yang kita perlukan sekarang hanya menambahkan pegangannya yang terbuat dari selang transparan. Selang transparan diisikan beberapa helai kain bekas sebelum diikatkan ke bagian atas tas agar tali tas memberikan warna yang menarik. Setelah tali tas terikat jadilah sebuah tas unik berbahan limbah gelas plastik bekas minuman. (HW) - 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru