PELUANG USAHA DARI BAHAN BEKAS

Pada umumnya banyak hal kita jadikan peluang berbisnis, bukan karena modal yang banyak baru kita menjalaninya. Padahal peluang berbisnis sudah ada didepan mata tinggal kita mau berbuat, karena masih bayak lagi peluang yang bisa kita jadikan sebagai modal.

Modal yang banyak bukan kita akan menjadi sukses tetapai kesuksan dilihat dari seberapa modal yang digunakan apalagi memamfatkan sumber yang ada untuk dijadiakan bisnis, seperti pembuatan tas dari gelas minuman ale-ale,es teler air minum gelas dan lain-lain yang terbuat dari plastik bisa kita manfatkan menjadi barang yang mempunyai nilai jual, daripada dibuang  atau dibakar karena plastik merupakan benda yang sulit terurai oleh mikroorganisme.

Walaupun plastik tertimbun bertahun-tahun plastik tersebut tak akan hancur. Mari kita manfaatkan dan olah plastik menjadi barang yang fungsional dan menarik, hingga plastik itu dapat digantikan dengan rupiah. Contoh kisah pengolahan kembali plastik menjadi barang yang berguna :

Selama ini sampah rumah tangga selalu dibuang begitu saja ke tempat sampah. Tetapi di tangan orang-orang kreatif, sampah rumah tangga bisa diolah menjadi rupiah. Adalah Ibu Nul, seorang perempuan asal kokok Putik, kecamatan sembalun selama  ini, telah bergulat dengan sampah-sampah rumah tangga guna diolah menjadi barang-barang yang bernilai ekonomis.

Di tangan perempuan Ibu Rumah Tangga ini, sampah-sampah bekas bungkus minuman ale-ale, es teler gealas plastik air minum dan lain sebagainya disulap menjadi aneka tas dan souvenir hingga mampu bernilai jual tinggi.

Berawal dari ide ibunya, Bu Husnul usaha pembuatan tas  dan bak sampah ini dimulai. Pada waktu itu Bu Nul menjadi pengajar di Pendidikan Anak Usia Dini yang berada di Dusun tersebut (Kokok Putik). Semulanya ibu ruamah tangga ini membuat bahan ajar untuk diajarkan ke murid-muridnya, dan akhirnnya hasil karya banyak diminati oleh wali muridnya.

Dimulai dari usaha secara kecil-kecilan dengan modal seadanya, Ibu Nul dan muridnya mulai mengumpulkan sampah bekas rumah tangga. Mereka juga mencari dan membeli sampah-sampah bekas munuman tersebut untuk dijadikan bahan baku usahanya. Setelah dibersihkan, sampah rumah tangga seperti gelas minuman, ale-ale, es teler yang baiasa dibeli oleh anak-anaka maupun dewasa dengan kreatifitasnya diolah menjadi tas unik untuk pergi berbelanja kepasar

Sampah-sampah rumah tangga yang semula terbuang percuma begitu saja ini akhirnya bisa dimanfaatkan menjadi barang yang bernilai ekonomis. Bukan dibakar, ditimbun atau di jual di loakan malah dimanfaatkan menjadi barang berharga mempunyai nilai jual yang cukup.

Karena banyak hal positf selain dari keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan mengembangkan peluang bisnis ini juga kita ikut serta menjaga lingkungan tetap bersih, oleh sebab itu  anda bisa menjalaninya karna kesediaan bahan baku sudah ada disekitar kita, anda hanya menentukan barang bekas mana untuk dijadikan peluang untuk menghasilkan barang yang bernilai. [01]

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru