logoblog

Cari

Pemkot Bima Gelar Lomba Cipta Menu

Pemkot Bima Gelar Lomba Cipta Menu

(KM.Sarangge) Kamis, 15 Agustus 2019 bertempat di Sebelah Barat Halaman Kantor Walikota Bima, Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima bekerjasama dengan Tim

Ide Kreatif

KM. Sarangge
Oleh KM. Sarangge
18 Agustus, 2019 15:19:25
Ide Kreatif
Komentar: 0
Dibaca: 561 Kali

(KM.Sarangge) Kamis, 15 Agustus 2019 bertempat di Sebelah Barat Halaman Kantor Walikota Bima, Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kota Bima menggelar Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) Tingkat Kota Bima Tahun 2019.Lomba dibuka oleh Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan, SH,diikuti 40 peserta yang merupakan utusan dari Tim Penggerak PKK Kelurahan se-Kota Bima. Berdasarkan Laporan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima Ir. Syamsuddin kegiatan ini merupakan implementasi dari Peraturan Presiden RI Nomor 22 tahun 2009 tentang percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis Sumber Daya Lokal dan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 43 Tahun 2009 tentang gerakan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis Sumber Daya Lokal.

Tujuannya, untuk memberikan pengetahuan pada masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang, serta aman. Selain itu, dengan adanya lomba diharapkan tumbuh kreatifitas masyarakat umumnya dan keluarga khususnya, dalam memilih, menentukan, menyusun dan menciptakan menu makanan yang beragam, bergizi, seimbang, serta aman bagi anggota keluarganya, serta memanfaatkan pangan lokal yang kaya sumber gizi.

Dewan juri lomba cipta menu B2SA berasal dari unsur TP PKK Kota Bima, Ahli Gizi Dikes Kota Bima, Ahli Kuliner, serta unsut Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima

Wakil Ketua I TP PKK Kota Bima Ny. Jumriah Feri Sofiyan mengatakan lomba ini untuk menggali kreatifitas ibu-ibu PKK Kelurahan dalam menciptakan dan mengembangkan resep masakan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman bersumber pangan lokal, makanya peserta harus pintar, kreatif dan inovatif dalam meciptakan menu makanan, sehingga tercipta kreasi makanan yang selain menjadi salah satu alternatif pilihan makanan dalam keluarga, juga dapat dijual, sehingga bernilai ekonomis bagi pembuatnya.

“Tapi yang jauh lebih penting sedikit demi sedikit bisa mengurangi ketergantungan kita terhadap konsumsi makanan beras”, kata Ny. Jumriah

Ny. Jumriah juga mengajak untuk memanfaatkan pekarangan dengan menanam berbagai macam bahan pangan sekaligus mensosialisasikan penganekaragaman pangan kepada masyarakat sekitar dengan mengembangkan beragam kearifan lokal yang mengedepankan nilai gizi yang seimbang sesuai kebutuhan tubuh.

“Dengan begitu, tercipta keluarga sehat, cerdas, dinamis dan produktif sesuai dengan program pokok PKK, yaitu HATINYA PKK (Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman). Ungkapnnya.

Sementara itu, Wakil Walikota menyampaikan bahwa adanya kasus kekurangan gizi di tengah masyarakat pada dasarnya bukan semata-mata disebabkan karena kurangnya kecukupan pangan rumah tangga, tetapi boleh jadi karena ketidakmampuan kita menciptakan menu makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman bagi anggota keluarga.

 

Baca Juga :


Selain itu, sebagian besar kita belum bisa membebaskan kebiasaan dan persepsi kita tentang makan yaitu harus makan nasi yang nota bene adalah beras, padahal masih banyak bahan lain seperti jagung, kacang-kacangan, umbi-umbian dan lainnya yang kandungan gizinya beraneka ragam. 
"Salah satu cara menciptakan SDM yang berkualitas dan unggul adalah dengan memperbaiki kualitas konsumsi masyarakat”, ujar Wawali

Wawali pun berharap lomba ini bukan hanya sekedar seremonial belaka, tetapi lebih dari upaya meningkatkan sosialisasi mengenai pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman kepada segenap warga sehingga pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu PKK kelurahan meningkat dan pada akhirnya terwujud hidangan B2SA di masing-masing rumah tangga.

Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Walikota, Sekda Kota Bima, Staf Ahli Walikota Bidang Kesra, Kemasyarakatan dan SDM, Asisten Setda, Wakil Ketua I TP PKK Kota Bima, Ketua DWP Kota Bima, Ketua Bhayangkari, serta sejumlah pimpinan perangkat daerah lingkup Kota Bima.

Berikut pemenang lomba B2SA Tingkat Kota Bima Tahun 2019 beserta hadiahnya:

Juara 1 diraih PKK Kelurahan Kumbe dengan hadiah uang tunai senilai Rp 2.000.000
Juara II diraih PKK Kelurahan Dara dengan hadiah uang tunai senilai Rp 1.750.000
Juara III diraih PKK kelurahan Jatibaru Timur dengan hadiah uang tunai senilai Rp1.500. 000
Juara Kreativitas Terbaik diraih PKK Kelurahan Monggonao dengan hadiah uang tunai senilai Rp 1.000.000
Juara Favorit diraih PKK Kelurahan Pane dengan hadiah uang tunai senilai Rp 1.000.000
Juara harapan I diraih PKK Kelurahan Sarae dengan hadiah uang tunai senilai Rp 1.000.000
Juara harapan II diraih PKK Kelurahan Manggemaci dengan hadiah uang tunai senilai Rp 750.000.(Emon, Sumber Humasprotokol kota Bima)



 
KM. Sarangge

KM. Sarangge

Pelopor Kampung Media di Kota Bima. Menyuguhkan Informasi Kampung Yang Tak Kampungan. Ketua Komunitas Dedy Kurniawan.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan