logoblog

Cari

Revitalisasi Posyandu dan Bank Sampah Target NTB

Revitalisasi Posyandu dan Bank Sampah Target NTB

Kebersihan erat kaitannya dengan kesehatan. Kebersihan adalah suatu hal yang sangat penting untuk pembangunan di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang merupakan

Ide Kreatif

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
12 Maret, 2019 16:57:39
Ide Kreatif
Komentar: 0
Dibaca: 3332 Kali

Kebersihan erat kaitannya dengan kesehatan. Kebersihan adalah suatu hal yang sangat penting untuk pembangunan di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang merupakan daerah wisata.

Menurut Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah, M.Pd untuk mewujudkan itu dua program yang sangat penting yaitu Revitalisasi Posyandu dan Bank Sampah perlu terus ditingkatkan dalam pengelolaanya.

Posyandu merupakan kegiatan pelayanan kesehatan dasar, memberikan makanan tambahan, pemeriksaan terhadap ibu dan balita atau pemeriksaan lansia.

 “Posyandu dilaksanakan setiap bulan di desa dan dusun, sehingga proteksi kesehatan sejak dini sudah dimulai,” ungkap Hj. Sitti Rohmi Djalillah, saat membuka Workshop Revitalisasi Posyandu dan Bank Sampah di Ruang Rapat BAPPEDA, Senin (11/03/2019).

Kegiatan Posyandu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memeriksa kesehatan dan konsultasi kesehatan. Termasuk penyuluhan terkait kesehatan lingungkan, sosial yang terjadi di desa atau dusun tersebut.

"Jadi penyuluhan posyandu ini disesuaikan dengan kondisi atau masalah yang ada di dusun tersebut, entah itu gizi buruk, lingkungan, pernikahan anak atau lainya" tuturnya.

Pemerintah Desa sebagai perpanjangan tangan Pemerintah pusat atau daerah perlu menganggarkan APBDes. Sehingga program pemerintah dapat berjalan maksimal.

 

Baca Juga :


Selain program revitalisasi posyandu dalam workshop ini, Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat juga membahas tentang Zero Waste. Sampah sudah menjadi isu dunia dan tidak bisa dilepaskan dari masalah kesehatan.

"Sampah dapat kita manfaatkan dan dikelola dengan baik, sehingga bernilai ekonomis bagi masyarakat," pesan Wagub.

Nusa Tenggara Barat sudah menginisiasi Bank Sampah sejak 2018 dan diharapkan kedepannya NTB memiliki industri daur ulang, sehingga perputaran uang dari sampah yang dihasilkan ini untuk masyarakat.

Wakil Gubernur berharap semua pihak dari tingkat Provinsi, Kabupaten, Kota dan Desa dapat mensukseskan program Revitalisasi Posyandu dan Bank Sampah. Sumber Humas NTB (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan