logoblog

Cari

NTB Kembangkan Kawasan Mandalika Digital Vilage.

NTB Kembangkan Kawasan Mandalika Digital Vilage.

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berencana membangun dan mengembangkan Mandalika Digital Vilage, untuk memperkuat sektor pariwisata di Kawasan Ekonomi Khusus

Ide Kreatif

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
17 Januari, 2019 23:08:37
Ide Kreatif
Komentar: 0
Dibaca: 4029 Kali

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berencana membangun dan mengembangkan Mandalika Digital Vilage, untuk memperkuat sektor pariwisata di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika bersama akademisi dari Universitas Indonesia, Kamis (17/1) di KEK Mandalika ITDC Lombok Tengah.

Gubernur NusaTenggara Barat  Dr. H. Zulkieflimansyah meminta kepada Pengelolaan kawasan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) untuk menyediakan Cluster khusus dalam mendukung pengembangan Mandalika Digital Vilage.

“ITDC perlu membangun cluster dan tempat khusus untuk mengembangkan Mandalika Digital Vilage, sehingga para investor tertarik melirik KEK Mandalika,agar mendukung pertumbuhan ekonomi NTB” harap Gubernur di dampingi ketua PKK Hj. Niken Saptarini Widyawati.

KEK Mandalika menawarkan destinasi wisata bahari dengan pesona bukit, pantai dan bawah laut yang memukau. Sehingga Kawasan ini perlu didukung dengan infrastruktur dan penataan yang baik dari berbagai sektor.

Pengembangan Mandalika Digital Vilage diharapkan mampu memberdayakan SDM atau anak muda yang ada di Kawasan Mandalika dan NTB Umumnya. Sehingga membuka lapangan kerja dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Rencana pengembangan ini, diharapkan tidak hanya akan memberikan manfaat bagi para investor saja, namun juga mampu mendatangkan manfaat bagi kemajuan ekonomi masyarakat sekitar. “Kita buat kawasan ini  aman dan nyaman bagi peningkatan perekonomian masyarakat,” kata Doktor Zul.

Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia Mirna Adriani, Dra., Ph.D menyambut baik rencana Pemrov. NTB dalam mengembangkan Mandalika Digital Vilage. Melihat potensi KEK Mandalika cukup bagus untuk mengembangan Digital Vilage.

“Pusat Ilmu Komputer (Pusilkom) ini memberikan layanan dan pengabdian terhadap masyarakat, dengan 4 produk Pusilkom antara lain pengembangan sistem, pengolahan data, konsultasi IS/IT dan pelatihan,” kata Mirna Adriani.

Juru bicara TIM Universitas Indonesia Eko Budiarjo, menjelaskan salah satu Konsep dasar yang terpenting dalam pengembangan kawasan ini adalah, pengembangan area untuk peningkatan ekonomi daerah melalui transformasi digital pariwisata.

 

Baca Juga :


“Kami coba kembangkan, Mandalika Digital Innovation Valley di NTB, dengan pertumbuhan ekonomi melalui bisnis transformasi digital,” jelas Eko saat mempresentasikan konsep Mandalika Digital Vilage.

Pada kesempatan tersebut hadir juga Muhammad Sultan Direktur Mahadesa yang merupakan salahsatu pengusaha pengembangan IT yang ada di Jakarta. “Konsep kami adalah membangun jaringan produk yang terintegrasi, sehingga NTB mampu mengelolanya sendiri,” jelas Sultan.

Direktur ITDC Ngurah Wirawan menyambut baik Tim dari UI. Diskusi dan dialog tentu menambah dan memperkaya dalam pengembangan KEK Mandalika. “Kami sangat senang, kerjasama yang baik bersama pemerintah untuk terus mengembangkan kawasan ini,” kata Ngurah Wirawan

Sesuai dengan visi  ITDC, menjadi pengembang Destinasi Pariwisata Kelas Dunia, dengan misi mengembangkan destinasi pariwisata tarpilih melalui kerjasama dengan pemerintah dan masyarakat. 

“Kami merupakan pengembang yang mengelola KEK Mandalika dan menyediakan lokasi bagi para inverstor yang ingin inverstasi di sini,” jelas Direktur ITDC.

Diskusi dan dialog juga dihadiri Kepala Dinas Kominfotik Tribudi Prayitno, Kadis Perindustrian Andi Pramaria, Karo Humas, Protokol NTB, Najamudin Amy, Kasat Pol PP Lalu Dirjaharta dan para pengusaha di NTB (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan