logoblog

Cari

Internet Sehat Untuk Siswa Sekolah Dasar

Internet Sehat Untuk Siswa Sekolah Dasar

Untuk mencegah dampak negatif penggunaan internet dikalangan siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar (SD), Balai Informasi Teknologi dan Edukasi (Balai ITE) Dinas Kominfotik

Ide Kreatif

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
01 Desember, 2018 05:16:55
Ide Kreatif
Komentar: 0
Dibaca: 5593 Kali

Untuk mencegah dampak negatif penggunaan internet dikalangan siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar (SD), Balai Informasi Teknologi dan Edukasi (Balai ITE) Dinas Kominfotik (Diskominfotik) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar  sosialisasi berinternet sehat dan aman, SDN 6 Kalimantong  Kabupaten Sumbawa, Kamis (29/11/2018).

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi begitu cepat. Tidak terkecuali penggunaan internet sudah bisa diakses semua segmen, dari anak balita hingga orang tua. Sekarang ini kita bisa melihat anak umur 3-5 tahun mampu menggunakan Smartphone (HP) pintar untuk menontong film Upin Ipin di youtube.

 

Kepala Balai ITE Ir. H. M. Ilham, M.M mengatakan saat ini penggunaan internet bukan saja lewat Komputer atau Laptop namun perkembangan jaman internet dapat diakses di HP atau lebih kita kenal Smarphone alias telephone pintar.

 

Melihat hal ini perlu pengawasan ketat dari orang tua terhadap anak-anak untuk mengakses dan menggunakan HP. Orang tua maupun anak-anak harus diberikan edukasi tentang pemahaman penggunaan internet yang sehat dan aman.

 

“Untuk itu, Balai ITE bekerjasama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengadakan pelatihan tentang pentingnya internet dan cara berinternet sehat di kalangan siswa SDN 6 Kalimantong KSB,” jelas Ilham.

 

Pemanfaatan internet ini banyak sekali, di Smarphone dengan kecanggihannya ada aplikasi yang bisa memanfaatkan untuk belajar membaca AL-Quran atau mencari sumber mata pelajaran bagi siswa SD.

 

“Siswa-siswi juga dapat memanfaatkan internet pada mobil MCAP (mobile communication access point) yang kami bawa dari Mataram, ada 2 Unit Laptop yang kami sediakan lengkap dengan jaringan internetnya,” ungkap kepala Balai ITE ini.

 

Kadis Kominfo KSB Drs.Burhanuddin, MM menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kominfotik Provinsi NTB dalam pelayanan dan sosialisasi penggunaan intenet bagi masyarakt dan siswa-siswi Sekolah Dasar.

 

 

Baca Juga :


“Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali, karena anak-anak ini harus diajari sejak dini dalam pemanfaatan teknologi dibidang TIK dan internet, termasuk sisi positif dan negatifnya dalam berinternet,” kata Burhanuddin

 

Mewakili Kepala Sekolah SDN 6 Kalimantong, guru kelas 6 Ceang, mengapresiasi kegiatan yang digelar Dinas Kominfo KSB dan Provinsi NTB dalam memperkenalkan mobil MCAP (mobile communication access point) kepada 23 orang  siswa-siswi kelas VI.

 

“Selain menggunakan Komputer dan HP berinternet dapat menggunakan internet dengan mobil yang dapat berpindah-pindah, begitu hebatnya teknologi ini. Siswa-siswi kami juga dapat belajar dan diajarkan bagaimana berinternet yang sehat,” ungkap Ceang.

 

Siswa kelas VI Gifar merasa senang dengan kedatangan mobil MCAP (mobile communication access point) karena dapat mengenal internet dengan mobil dan meminta kepada pemerintah menyediakan internet disekolahnya.

“Kami merasa senang bisa berinternet, kami bisa melihat langsung video pelajaran IPA di internet, misalnya cara perkembangbiakan kepompong di youtube, dari ulat, berubah kemompong dan menjadi kupu-kupu,” ungkap Gifar.

 

Siswi lainpun seperti Tiara mengaharap bisa berinternet setiap hari. Karena di internet banyak sekali ilmu pengetahuan yang dapat kami pelajari langsung. “Semua ada diinternet, baik itu pelajaran agama, Bahasa Indonesia, Matematika, pokonya asik pak,” kalau bisa datang ke sekolah kami lagi pak, ungkap Tiara dan teman-temannya yang lain.

 

Respon Pemerintah KSB melalui Dinas Kominfo KSB, Pemerintah Desa dan masyarakat cukup antusias terhadap kegiatan terhadap siswa-siswi SDN ini. Beberapa aparatur dan staf Diskominfo, guru, kepala desa, aparatir desa serta masayarakat serius hadir dan mengikuti kegiatan untuk anak SD ini. (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan