logoblog

Cari

Tutup Iklan

Kader Lakpesdam Mataram Ikuti Pelatihan Gerakan Sosial

Kader Lakpesdam Mataram Ikuti Pelatihan Gerakan Sosial

Jakarta, Lakpesdam NU.-Sebanyak 5 Kader Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) NU Mataram mengikuti Pelatihan Gerakan Sosial yang digelar

Ide Kreatif

Rizki Handika Tastura
Oleh Rizki Handika Tastura
08 September, 2018 08:55:08
Ide Kreatif
Komentar: 0
Dibaca: 1496 Kali

Jakarta, Lakpesdam NU.-Sebanyak 5 Kader Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) NU Mataram mengikuti Pelatihan Gerakan Sosial yang digelar Lakpesdam PBNU. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Grand Zuri BSD Tangerang Selatan mulai 31 Agustus hingga 7 September 2018.

Pelatihan diikuti 13 cabang Lakpesdam NU sebagai daerah pelaksana program peduli. Ditambah Pengurus Pusat Majelis Luhur Penghayat Kepercayaan, perwakilan GP Ansor, PP Fatayat dan Kopri PMII. Dari Lakpesdam NU Mataram, 5 kader yang hadir yakni Jayadi, Herman, Mustar, Samsul Hadi dan Lia.

Rangkaikan hari pertama kegiatan diawali dengan pembukaan yang dihadiri Ketua PBNU KH Imam Azis, Ketua Lakpesdam PBNU Dr Rumadi Ahmad, fasilitator pelatihan Helmi Ali, Simon Hate dan Eko Winardi.

Panitia Pelatihan Abi S Nugroho menjelaskan, pelatihan gerakan sosial memilih teater rakyat sebagai metode pendekatan untuk mengkampanyekan program dan berbagai isu di masyarakat. Melalui prinsip pendidikan teater rakyat yang membebaskan, pendidikan dirancang dengan sebuah nilai yang dianut sesuai dengan tujuan dan kepentingan gerakan inklusi sosial.

Begitu pula pendidikan melalui teater rakyat ini kata dia, sebagai upaya merancang gerakan budaya masyarakat dengan gagasan kritis, aktif dan bertanggung jawab menyesuaikan kultur masyarakat. Relevansi peningkatan kapasitas kader melalui teater rakyat dalam gerakan sosial adalah menguatkan kemampuan penerima manfaat program sebagai subjek dalam memperkuat perasaan dan tindakan dalam proyek pembangunan sosial inklusif.

“Teater rakyat melatih kader mendesain, mengidentifikasi masalah dengan dinamika harapan, kecemasan, kemarahan dan ketakutan yang dialaminya,” jelas Abi.

Pelatihan bertujuan meningkatkan kapasitas kader-kader NU dalam mengembangkan, mengorganisir dan menciptakan gerakan sosial yang kreatif. Serta menyusun perencanaan startegis metode kreatif dalam gerakan sosial. Diharapkan nantinya pendekatan teater rakyat digunakan dalam mengorganisir dan mengadvokasi gerakan sosial oleh 13 daerah pelaksana program peduli.

Salah satu kader Lakpesdam NU Mataram, Herman mengaku, selama seminggu mengikuti pelatihan ia dan peserta lainnya mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang teater dari Simon Hate dan Eko Winardi sebagai fasilitator yang ahli dibidangnya.

“Kami belajar dari pengetahuan dasar teater, berlatih olah tubuh secara individu maupun kelompok hingga benar-benar bisa mementaskan drama teater itu dengan baik pada hari terakhir,” terang Herman.

 

Baca Juga :


Tak hanya itu, Kader Lakpesdam NU Mataram lainnya, Samsul Hadi mengaku mendapatkan tambahan pengetahuan lainnya selama pelatihan gerakan sosial. Seperti tentang gerakan sosial melalui seni musik kreatif yang menginspirasi dari pendiri Komunitas Ketjil Bergerak, Greg Sindana.

Kemudian cerita pengalaman dari Fasilitator Omah Dongeng Marwah Kudus, Edy dan Diwan. Mereka menggunakan dongeng sebagai media penanaman nilai-nilai baik kepada anak-anak.

“Tentu, ada banyak pengalaman berharga dari pelatihan yang kami ikuti untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh di Mataram. Apalagi, kami bisa saling sharing tentang program dengan daerah lainnya selama pelatihan,” ujarnya.

Lebih lanjut Ketua Lakpesdam PCNU Mataram Jayadi mengatakan, 5 kader yang dikirim mengikuti pelatihan diharapkan bisa memotivasi dan menularkan pengetahuan gerakan sosial untuk mendorong perubahan baik di tatanan NU maupun di tengah masyarakat.

"Pengetahuan yang didapat semoga mampu digunakan sebagai salah satu pilihan metode untuk menyampaikan pesan-pesan kebaikan kepada masyarakat," harap Jayadi.

***



 
Rizki Handika Tastura

Rizki Handika Tastura

Nama : Rizki Handika Putra Alamat: Barabali Batukliang No Hp : 085386480824 " Mahasiswa"

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan