logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pemuda Desa Ciptakan Alat Pengaman Rumah dan Motor

Pemuda Desa Ciptakan Alat Pengaman Rumah dan Motor

KM-RENSING BAT_www.rensingbat.desa.id_Persaingan Pembangunan Tehnologi yang kian menjamur di Indonesia tidak menyurutkan semangat seorang anak muda asal RT 07 Tibu Jae Dusun

Ide Kreatif

KM Rensing Bat
Oleh KM Rensing Bat
15 Maret, 2018 08:28:54
Ide Kreatif
Komentar: 0
Dibaca: 11900 Kali

KM-RENSING BAT_Persaingan Pembangunan Tehnologi yang kian menjamur di Indonesia tidak menyurutkan semangat seorang anak muda asal RT 07 Tibu Jae Dusun Lepok Desa Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat untuk menciptakan alat keamanan Rumah dan Sepeda Motor, dia adalah Muh. Zohrul Himam seorang Mahasiswa di Fakultas Tehnik Elektronik Universitas Mataram, Niatnya untuk menciptakan Inovasi di bidang Tehnologi ini bermula ketika Bapaknya kehilangan sepeda motor Bulan Agustus 2017 lalu dan banyaknya kasus pencurian di daerah sekitar Sakra Barat.

Tehnologi Tepat Guna (TTG) temuan Zohrul Himam ini di peraktekkan dan di uji Coba pada hari Selasa sore 14 Maret 2018 bertempat di Kantor Desa Rensing Bat adalah Tehnologi Tepat Guna sistem Keamanan Rumah dan Sepeda Motor di depan Tim Uji coba dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lombok Timur khusus dalam bidang pengembangan TTG yang langsung di liput oleh Selaparang TV.

Dalam acara tersebut Muh.Zohrul Himam menjelaskan secara detail cara kerja alat temuannya, mulai dari sistem keamanan rumah, Cara kerjanya cukup sederhana, Alat ini diletakkan menghadap depan ataupun samping Pintu rumah atau dimana saja dan akan mendeteksi pencuri apabila melaluinya, Alarmnya akan berbunyi dan akan memberi taukan pemilik rumah lewat Telepon selulernya bila si pemilik sedang tidak berada di rumah karena alat ini sudah di lengkapi dengan alat pendeteksi jarak jauh yang di gabungkan dengan sinyal Telepon.

Tehnologi Tepat Guna temuannya yang kedua adalah sistem keamanan pada sepeda motor, dengan cara kerja yang tidak jauh berbeda dengan sistem keamanan rumah. Sepeda motor yang sudah dipasangkan alat pendeteksi GPS, namun kelebihannya menurut Zohrul Himam adalah, apabila motor hendak di hidupkan pencuri, mesin motor tersebut tidak bisa hidup,ataupun seandainya bisa dibawa kabur, pemiliknya bisa mematikan mesin motor tersebut melalui telepon seluler dan alat yang di pasang di motor tersebut akan memberi taukan pemilik lewat Telepon seluler miliknya kemana dan di daerah mana motor tersebut berada.

Zohrul yang di temui pemberita selesai uji coba  mengatakan, “Sebenarnya alat ini dulunya pernah kami perkenalkan saat acara Bedah karya pemuda Desa Rensing Bat, tapi waktu itu alat ini belum bekerja maksimal karena masih dalam proses perakitan. Setiap Tehnologi mesti ada kekurangan dan kelebihannya, demikian juga alat rancangan saya ini memiliki kelebihan dan juga kekurangan dan ke depan akan memperbaiki segala kekurangannya itu,”sambung anak bungsu Kepala KUA Sakra Barat ini.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Rensing Bat Muhammad Hilmi, SE menjelaskan, “Teknologi Tepat Guna merupakan ilmu pengetahuan yang diterapkan dalam praktek-praktek yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang di hadapi masyarakat dengan menggunakan alat-alat yang berguna. Dinamakan teknologi tepat guna karena teknologi ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Adanya teknologi tepat guna memberikan bukti nyata bahwa manusia memiliki akal dan pemikiran yang luar biasa,” jelasnya.

 

Baca Juga :


“Teknologi tepat guna Rancangan Zohrul Himam ini salah satunya, rancangan ini sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat, yang mana masyarakat sekarang ini sangat tidak nyaman dengan kasus-kasus pencurian di mana-mana terutama di Desa Rensing Bat dan apa yang di rancang ini sangat ramah lingkungan, murah dan mudah tidak merusak lingkungan dan mampu menjawab permasalahan yang di hadapi masyarakat dan menghasilkan nilai tambah dari segi ekonomi” Ujar Kades 2 periode ini.

“Kedepan, Mudah-mudahan akan ada lagi masyarakat Desa Rensing Bat yang bisa merancang alat-alat ataupun Tehnologi Tepat Guna lainnya seperti yang di rancang Zohrul Himam ini, ”Sambung Kades.

Setelah melalui uji coba, Hasil rancangan Zohrul Himam ini selanjutnya akan mengikuti acara Tehnical Meeting yang di gelar pada hari Jum’at tanggal 16 Maret 2018 oleh yang bertempat di Aula DPMD Kabupaten Lombok Timur dan akan mengikuti persentasi pada hari Selasa Tanggal 20 Maret 2018 oleh tim penilai TTG tahap 4 di tempat yang sama. (a_m)



 
KM Rensing Bat

KM Rensing Bat

Desa Rensing Bat berbatasan dengan Kabupaten lombok tengah yang merupakan desa paling barat di Kecamatan Sakra Barat setelah Desa Sukarara dan Desa Rensing.Kepala Desa MUHAMMAD HILMI, SE HP.081803647953, IBRAHIM ARIFIN HP.087763052575 (penulis)

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan