logoblog

Cari

Tutup Iklan

Bank Sampah Lestari Olah Sampah Menjadi Berkah

Bank Sampah Lestari Olah Sampah Menjadi Berkah

Banyak yang menganggap sampah merupakan sebuah kotoran yang tidak ada nilai dan tidak ada harganya, sehingga kebanyakan orang membuang sembarangan. Sampah

Ide Kreatif

alimuddin
Oleh alimuddin
03 Maret, 2018 14:04:43
Ide Kreatif
Komentar: 0
Dibaca: 15963 Kali

Banyak yang menganggap bahwa sampah merupakan sebuah kotoran yang tidak ada nilai dan tidak ada harganya, sehingga kebanyakan orang membuang sembarangan. Sampah jika tidak dikelolah dengan baik, maka akan menimbulkan sebuah masalah besar, baik bagi lingkungan seperti terjadinya banjir yang disebabkan oleh sampah maupun bagi kesehatan. 

Atas dasar itu, kami menghadirkan Bank Sampah Lestari. Bank sampah ini berada di Desa Benete, Kecamatan Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Bank sampah ini diharapkan dapat menjawab permasalahan tersebut dengan mengajak masyarakat untuk menabung beberapa jenis sampah.

Dengan modal dan fasilitis pengangkutan yang seadanya, bank sampah tersebut tetap malakukan aktifas, tercatar dari bulan Januari 2018 lalu nasabah bank sampah lestari berjumlah 16 orang dan kelompok.

Selain menunggu nasahan yang datang mengantar sampahnya untuk di tabung petugas bank sampah rutin melakukan penjembutan dengan dengan sepeda motor yang dilengkapi dengan keranjang di belakangnya.

 

Baca Juga :


Adapun sampah yang bisa ditabung berupa sampah plastik seperti botol air kemasa, gelas plastik, kardus, dan juga besi.  

Setelah sampah-sampah tersebut di angkut dari nasabah kemudian di tampung di gudang kemudian di pilah kembali berdasarkan jenis. Pada bulan pertama diroperasi mampu mengumpulkan sampah sebanyak 123 Kg.

Sedangkan pada bulan Februari mengalami peningkatan sebanyak 333 Kg, adapun jenis sampah yang terkumpul berupa sampah plastik 74 Kg, dan kardus 259 Kg. saat ini bank sampal lestari murni mengelola bang sampah dengan modal swadaya. Bank sampah tersebut memiliki moto, mengolah sampah menjadi berkah.



 
alimuddin

alimuddin

Alimuddin, tinggal di Desa Benete Kecamatan Maluk. Desa yang akan menjadi Kawasan Industri di Kabupaten Sumbawa Barat. Bagi yang ingin berbagai pengalaman mengenai tulisan bisa di WA 081337306353

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan