logoblog

Cari

Tutup Iklan

NTB Punya Bank Suara

NTB Punya Bank Suara

Mulai dibentuk akhir tahun 2016, Bank Suara kini terus tumbuh melebarkan sayapnya. Terus menebar virus baca dan berbagi bacaan dalam bentuk

Ide Kreatif

Novita Hidayani
Oleh Novita Hidayani
19 Januari, 2018 08:08:40
Ide Kreatif
Komentar: 0
Dibaca: 3329 Kali

Mulai dibentuk akhir tahun 2016, Bank Suara kini terus tumbuh melebarkan sayapnya. Terus menebar virus baca dan berbagi bacaan dalam bentuk audio kepada anak-anak, remaja, dan teman-teman penyandang disabelitas.

Bank Suara sendiri awalnya adalah sekumpulan teman yang terdiri dari jurnalist, programer, dan penulis yang berinisiatif untuk merekam bacaan mereka dalam bentuk audio. Rekaman tersebut kemudian diolah menjadi bentuk mp3, lengkap dengan musik pengiring yang enak untuk didengarkan.Setelah itu mereka mengunggahnya di soundcloud yang kemudian dapat diunduh dan didengarkan oleh siapa saja.

"Tujuan awalnya adalah membaca untuk berbagi kepada teman-teman disabelitas. Selain itu, aktifitas ini juga dapat merangsang anak untuk gemar membaca. Anak-anak pasti sangat suka mendengarkan suara mereka sendiri ketika membaca dan ini bisa merangsang mereka untuk gemar membaca," jelas Fitri Rachmawati, pencetus bedirinya Bank Suara ini.

Bermodal dengan peralatan rekaman berupa mixer dan microphone milik Ricko Rullyarto, Bank Suara mulai menerima nasabah pembaca yang berasal dari kalangan mahasiswa dan anak sekolah. Sayangnya, dikarenakan keterbatasan peralatan dan masih kurangnya sounding, nasabah pembaca masih belum banyak dan beragam. Hanya terdiri dari kenalan-kenalan dan lingkungan tempat tinggal Fitri dan teman-temannya berasal. 

"Pelan-pelan kita ingin membuat Bank Suara bisa digunakan oleh banyak kalangan, yang nantinya bisa dibuka oleh komunitas baca manapun," jelas wartawan Kompas yang akrab disapa mbak Pikong ini. 

 

Baca Juga :


Di usianya yang telah menginjak tahun kedua, kini Bank Suara semakin menggeliat dan telah memiliki kantor sendiri di Irigasi, Mataram. Penggunggahan rekamannya pun kini tidak lagi hanya akan berada di soundcloud, melainkan pada website Bank Suara di www.banksuara.com.Beberapa waktu lalu, Bank Suara juga memenangkan penghargaan kedua pada lomba stand saat kongres Aliansi Jurnalis Independent (AJI) tahun 2017 digelar di Solo dan mendapat apresiasi dari Menteri Kominfo Rudiantara.

"Semoga dengan keberadaannya, Bank Suara bisa berbagi kepada banyak orang dan bisa menebarkan virus membaca," harapan yang selalu dikatakan Pikong untuk Bank Suara.

(nov)



 
Novita Hidayani

Novita Hidayani

email: hidayaninovita@gmail.com facebook: Novita Hidayani twitter: @yfoundme

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan