logoblog

Cari

Tutup Iklan

Menggagas Wisata Sungai Di Montong Beter

Menggagas Wisata Sungai Di Montong Beter

Mastur salah seorang pegiat dan aktifis sekaligus menjadi Anggota DPD desa Montong beter Menawarkan untuk mewujudkan DAS yang ada di Desa

Ide Kreatif

Chairil Anwar
Oleh Chairil Anwar
10 Januari, 2018 06:40:50
Ide Kreatif
Komentar: 0
Dibaca: 134 Kali

Mastur salah seorang pegiat dan aktifis sekaligus menjadi Anggota DPD desa Montong Beter Menawarkan untuk mewujudkan DAS yang ada di Desa Dontong Beter menjadi objek wisata dengan melihat topografi, letak geografis dan kondisi masyarakatnya, kuncinya adalah kekompakan, kesatuan visi membangun desa dan kesadaran Kolekktif dari para Pemuda sebagai Pelopor Perubahan Agen Of Chance.

Menurut Mastur, ada dua kemungkinan yang bisa dijadikan sebagai objek wisata yang ada di desa Montong Beter ini, yakni 

  1. Wisata BILIH-ILIH (Arung Jeram) Anak-anak dengan Ban dalam Bekas
  2. Wisata Pemandian.

Untuk mewujudkan hal tersebut, tentu tidak mudah. Seluruh Komponen mesti bekerja sama mulai dari pemerintah Desa, Instansi, dan Rakyat. Semua komponen tersebut harus bersatu padu dalam mewujudkan hal tersebut

Paradigma baru pariwisata adalah milik rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. DESA merupakan satuan terkecil wilayah dan masyarakat dari bangsa/negara yang menunjukkan keragaman Indonesia. Terbukti keragaman masyarakat sebagai kekuatan bagi tegak/eksistensi bangsa dan negara Republik Indonesia.

Wisata adalah kegiatan perjalanan/bepergian untuk bersenang-senang, menggunakan waktu luang untuk memulihkan kekuatan fisik dan spiritual, refreshing (penyegaran) dan kegiatan memperkaya, memperluas serta mengembangkan wawasan seseorang. Sebagai penggerak desa wisata adalah rakyat, rakyat sebagai penentu pokok. Rakyat yang mandiri dan berdikari tanpa investor. Rakyat harus berani tampil terdepan dan menghilangkan belenggu minder (rendah diri), malas, terbelakang dan berjiwa pelayan (budak).

 

Baca Juga :


Pada hakekatnya rakyat memiliki nilai-nilai budaya/tradisi yang luhur dan harta kekayaan yang tak ternilai yaitu : gotong royong, ramah, alam lingkungan yang indah, seni tradiri/budaya dll. Semua ini sebagai modal dan aset pariwisata.

Desa wisata adalah sebuah kawasan pedesaan yang memiliki beberapa karakteristik khusus untuk menjadi daerah tujuan wisata. Ada berbagai macam desa wisata, yakni bisa berupa desa wisata berbasis keindahan alam, kuliner maupun budaya. Memang, dalam membangun dan mengembangkan desa wisata bukan perkara mudah. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan.

Dalam Suatu Kesempatan yang sangat berbahagia saya Terjebak Hujan dan harus Nimbrung berdiskusi dengan beberapa orang jamaah Masjid, kemudian selang beberapa hari kemudian topik tersebut mengerucut menjadi sebuah usulan, yang akandiarahkan menjadi semacam rekomendasi MUSRENBANGDES. salah satu diantara potensinya adalah DAS (Daerah Aliran Sungai) bila kemarin sempat menjadi bencana Banjir kini akan kita rancang menjadi Celengan Infestasi wisata Masa depan. (Abu Ikbal)



 
Chairil Anwar

Chairil Anwar

Menjadi tua adalah sebuah kebiasaan, sedangkan menjadi dewasa adalah sebuah pilihan, dari KMKrens untuk NTB yang berdaya saing. HP 087763256047

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan