Cari

Tutup Iklan

Kampung Kumuh Menjadi Kampung Pelangi

Kampung Kumuh Menjadi Kampung Pelangi

Meski berada tidak jauh dari jantung Kota dan hanya berjarak kurang lebih dari 300 meter dari Kantor Bupati Dompu, keberadaan kampung

Ide Kreatif

Kampung Kumuh Menjadi Kampung Pelangi

Kampung Kumuh Menjadi Kampung Pelangi

Kampung Kumuh Menjadi Kampung Pelangi

KM Ncuhi Saneo Woja
Oleh KM Ncuhi Saneo Woja
11 Agustus, 2017 08:54:09
Ide Kreatif
Komentar: 0
Dibaca: 2310 Kali

Meski berada tidak jauh dari jantung Kota dan hanya berjarak kurang lebih dari 300 meter dari Kantor Bupati Dompu, keberadaan kampung Doro Afu sejak beberapa tahun terakhir diakui sangat kumuh oleh sebagian besar orang. Betapa tidak, kampung yang masuk dalam salah satu lingkungan pada Kelurahan Doro Tangga, Kecamatan Dompu ini, kondisi lingkungannya tidak pernah terurus.

Hal itu, didasari oleh kurangnya kesadaran akan pentingnya berperilaku bersih, sadar hukum dan perilaku terdidik dari warga setempat. Sehingga, kondisi lingkungannya sangat tidak layak untuk dikunjungi. Doro Afu juga dikenal sebagai lingkungan yang tingkat pendidikan warganya sangat minim, serta perilaku negatif kerap terjadi pada tempat ini. Beranjak dari kondisi tersebut, sejumlah pemuda yang tergabung dalam Forum Pengembangan Kampung Kreatif Dorotangga (FPKKD) Dompu, melakukan gebrakan positif. Yaitu merubah wajah kumuh Doro Afu menjadi Kampung Pelangi. Caranya adalah, mereka melakukan pengecatan terhadap tembok rumah, pagar dan gang jalan dengan cat berbagai jenis warna. Mereka torehkan juga berbagai jenis gambar sehingga terlihat menarik.

Selain merubah wajah kampung, cara ini juga mereka manfaatkan untuk mengasah kreatifitas menggambar yang mereka miliki. Hebatnya, bahan yang digunakan oleh para pemuda kretif tersebut diberoleh secara swadaya dari warga setempat dan tanpa mendapatkan dukungan biaya dari pemerintah Kelurahan maupun pemerintah daerah kabupaten Dompu. Sejak berubah menjadi kampung pelangi, Doro Afu kini mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal. Ada yang datang untuk berfoto Selfi, ada juga yang sekedar datang untuk melihat keunikan dari gambar yang diciptakan pada sekitar lokasi. Tidak hanya itu, wisatawan juga datang untuk melihat Kota Dompu dari ketinggian. Pasalnya, Doro Afu berada pada perbukitan ditengah kota. Sejak dibuka untuk umum pada awal pekan lalu, jumlah pengunjung di Doro Afu semakin hari semakin meningkat. Warga setempat pun berinisiatif membuka usaha dengan menjual makanan ringan serta minuman soft drink. Secara tersendirinya, ekonomi kretifpun tercipta pada tempat ini. Untuk menjaga kebersihan demi terciptanya keamanan dan kenyamanan, warga setempat dituntut untuk bertanggung jawab secara bersama. Terlebih, untuk menjaga, merawat, menata dan memperhatikannya.

Baca Juga :




 
KM Ncuhi Saneo Woja

KM Ncuhi Saneo Woja

Nama : Faruk alamat : Desa Saneo Kecamatan Woja Email : sapedampoka@gmail.com No HP : 085205235696 Hargailah orang yang menghargai orang, maka orang akan menghargai orang yang menghargai orang.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan