logoblog

Cari

Tutup Iklan

Wisata Petik Naga di Batukliang Utara

Wisata Petik Naga di Batukliang Utara

Berangkat dari rasa kepedulian yang tinggi terhadap kondisi masyarakat yang bisa dibilang masih sangat terbelakang secara ekonomi, yang kemudian dikaitkan dengan

Ide Kreatif

KM Kaula
Oleh KM Kaula
06 November, 2015 10:17:14
Ide Kreatif
Komentar: 2
Dibaca: 22389 Kali

Berangkat dari rasa kepedulian yang tinggi terhadap kondisi masyarakat yang bisa dibilang masih sangat terbelakang secara ekonomi, yang kemudian dikaitkan dengan kondisi alam yang sangat subur, Maka seorang pemuda yang bernama Mur  mencoba mengerahkan segala daya dan kreatifitasnya untuk bangkit dari keterpurukan tersebut dengan mencoba mengembangkan Budidaya buah naga sebaga komoditi unggulan yang bisa dipakai menjadi topangan ekonomi warga.

Karena ini adalah hal baru di lingkaran Kecamatan Batukliang Utara, maka sudah tentu berbagai cacian dan cemoohan dilontarkan kepada sang pemula, tapi karena tekad yang kuat, pemuda tersebut yang kini sudah punya satu orang anak sebagai buah pernikahannya dengan gadis idamannya bernama Qurratul Aini tidak pernah mundur, malah semua cemoohan dan cacian warga tersebut ia jadikan sebagai pupuk untuk mendorong semangatnya untuk lebih giat lagi.

Walaupun tanpa restu dan dukungan dari keluarganya, Bapak Mur yang merupakan panggilan akrab dari Bapak Murnah terus berusaha sendiri untuk membuktikan bahwa usahanya itu layak untuk dikembangkan. Dan ternyata benar, bahwa usahanya tidak sia-sia, bahkan bisa mendatangkan hasil yang sangat memuaskan, sehingga meliat hasil yang sangat memuaskan tersebut pihak keluarga yang awalnya tidak mendukung justru menyerahkan tambahan lahan kepada Mur untuk dikelola sehingga yang awalnya Pemuda yang jenggot tipis dan suka senyum ini hanya memiliki lebih kurang 200 pohon,sekarang sudah bertambah menjadi 500an pohon dengan luas areal sekitar 50 are.

Melihat hasil yang diperolah oleh inisiator kebun naga ini sangat memuaskan baik kuantitas dan kwalitas buah serta harga jual yang cukup tinggi hingga mencapai Rp 40.000.000/ sekali panen, membuat warga disekitar dusun ikut termotivasi untuk usaha budidaya buah naga, ada yang mempunyai 100 pohon, 300 pohon, bahkan sampai 1000 pohon. Dan dihalaman rumah warga pun kita bisa melihat pohon naga.

Sejak berkembangnya budidaya naga di dusun Kebun Indah Desa Tanak Beak Kecamatan Batukliang Utara Kab. Lombok Tengah Provinsi NTB. Mendapat gelar dan julukan baru yaitu Kebun Naga, karena disetiap rumah warga pasti ada Kebun Naga.

Biasanya warga menjual buah naganya dengan kisaran Rp.15,000 – Rp.20,000/kg, namun saat puncak panen warga bisa menjual Rp.12,000 – Rp.10,000/kg karena warga kewalahan dalam proses pemasaran saking banyaknya buah naga yang dihasilkan sampai -+ 10 Ton/ harinya. Namun walaupun demikian warga tidak akan rugi sekalipun harganya mencapai Rp.10,000/kg.

Dan kami sebagai warga kebun indah menerima jika anda ingin berkunjung untuk menikmati indahnya kebun naga dan memetik sendiri buah naga dari pohonnya, dan merupakan kebanggaan bagi kami jika anda berkunjung ke kebun naga kami.

Bagi yang ingin berkunjung silahkan hub. Kami :

 

Baca Juga :


NO HP             : 081 237 104 187

PIN BB                        : 5785E7C2

Facebook         : Dhira Cell

Email               : Qurratul039@gmail.com

Selamat Berkunjung [] - 05



 
KM Kaula

KM Kaula

Habiburrahman, Koordinator Kampung Media Kaula E-mail habib_kemus@yahoo.com, Alamat Desa Mas-mas Kec. Batukliang Utara Kab. Lombok Tengah. FB. habib kemus.

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

  1. KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    06 November, 2015

    Kaula : Minta Gratis Dong.....


    1. KM Kaula

      KM Kaula

      07 November, 2015

      untuk KM siap, nanti kita negokan sama pemilik hehe. kapan mau berkunjung?


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan