logoblog

Cari

Tutup Iklan

Kampoeng Inggris Di Lombok Timur

Kampoeng Inggris Di Lombok Timur

Negara Inggris merupakan salah satu Negara di dunia yang banyak melakukan penjajahan dan penjelajahan di berbagai negara. Dalam penjajahan dan penjelajahannya,

Ide Kreatif

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
06 November, 2015 20:53:17
Ide Kreatif
Komentar: 0
Dibaca: 42020 Kali

Negara Inggris merupakan salah satu Negara di dunia yang banyak melakukan penjajahan dan penjelajahan di berbagai negara. Dalam penjajahan dan penjelajahannya, ia pun selalu mencari rempah-rempah untuk diperdagangkan. Selain itu, ia banyak melakukan penyiaran agama di negara-negara sasaran. Agama yang disiarkan adalah agama yang berajaran Kristen dengan cara membangun Sekolah Hari Minggu (Sunday School). Kurikulum yang dibentuk dalam Sekolah Hari Minggu tersebut adalah tentang pelajaran bahasa inggris dan ajaran-ajaran agama kristen. Itulah sebabnya bahasa inggris dapat dikenal diberbagai negara, terutama di negara penjelajahannya atau jajahannya. Hal ini pula menjadikan bahasa inggris menjadi bahasa dunia, bahkan menjadi bahasa nomor satu sebagai alat pergaulan antar bangsa.

Bahasa Inggris yang menjadi bahasa pemersatu bangsa, barang tentu sangat berperan penting terhadap perkembangan atau kemajuan suatu bangsa. Olehnya itu, di berbagai negara, bahasa Inggris merupakan salah satu pelajaran dari kurikulum pendidikan yang ada di berbagai satuan pendidikan.

Indonesia adalah salah atu bekas jajahan bangsa Inggris. Hal ini tentu dapat diartikan bahwa semenjak penjajahan bangsa Inggris di Negara kita Indonesia sudah mulai mengenal bahasa Inggris. Hingga kini pun bahasa Inggris di negara kita menjadi mata pelajaran atau mata kuliah di berbagai jenjang lembaga pendidikan.

Namun kenyataan sekarang, meskipun bahasa Inggris menjadi salah satu bidang ilmupengetahuan di berbagai satuan pendidikan, tapi tingkat penguasaan bahasa Inggris pada peserta didik, atau alumni dari satuan pendidikan masih banyak yang belum bisa mempergunakan bahasa inggris sebagai alat komunikasi . Padahal bahasa Inggris merupakan sesuatu yang sifatnya menglobal.

Dalam meningkatkan pembangunan nasional, bahasa inggris memiliki peran penting dalam menjalin hubungan dengan negara luar. Apalagi jika kita melihat kondisi saat ini, arus informasi semakin cepat, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) semakin tinggi, globalisasi pun semakin merajalela. Olehnya itu bahasa Inggris yang sebagai alat pendukung terhadap perkembangan atau kemajuan suatu bangsa  merupakan suatu tantangan besar bagi manusia masa depan.

Dalam mengantisipasi tantangan besar pada manusia masa depan, khususnya yang terkait dengan kemampuan berbahasa Inggris, berbagai lembaga pendidikan yang berbasis kursius dan pelatihan di berbagai daerah yang ada di tanah air kita telah digalakkan oleh pihak swasta dan pemerintah.

Salah satu lembaga pendidikan yang berbasis kursus dan pelatihan dalam berbahasa Inggris yang ramai dibicarakan orang adalah “Kampoeng Inggris” yang berlokasi di Pare, Kediri , Jawa Timur. Informasi yang beredar bahwa keberadaan “Kampoeng Inggris” di Pare mampu merubah peserta didik dari tidak bisa menjadi bisa.

Popularitas ”Kampoeng Inggris”  di Pare sebagai pusat kursus dan pelatihan bahasa inggris menyebabkan ribuan orang datang dari berbagai daerah  untuk belajar bahasa inggris.

Dari perkembangan “Kampoeng Inggris”  di Pare yang cukup pesat dikunjungi oleh orang-orang untuk belajar bahasa inggris, M. Sigit yang salah satu alumni “Kampoeng Inggris” Pare membuka tempat kursus dan pelatihan bahasa Inggris di Mataram, yaitu di Jalan Sriwijaya. Iapun manamakannya juga sebagai “Kampoeng Inggris Pare” karena kurikulum, metode pembelajarannya sama dengan yang ada di Pare. Begitu pun juga pengajarnya adalah alumni “Kampoeng Inggris” dari Pare.

 

Baca Juga :


Selain M.Sigit yang berkarier di bidang pembelajaran bahasa Inggris di Mataram, Ibu Caca yang juga sebagai alumni “Kampoeng Inggris” dari Pare telah membuka “Kampoeng Inggris” ala Pare  di Kelayu Selong, Lombok Timur.Ibu caca mengatakan bahwa “Kampoeng Inggris”  di Kelayu Selong dibangun atas suatu visi yaitu agar masyarakat Lombok Timur mampu mengikuti perkembangan dunia dalam berbagai aspek. Perkembangan dunia yang terkait dengan arus informasi yang cepat, perkembangan ilmu pengetahuan d an teknologi  (IPTEK)yang semakin tinggi, tentu harus didukung dengan kemampuan berbahasa Inggris. Olehnya itu, sangat wajar “Kampoeng Inggris” ala Pare dibuka di Lombok Timur, yang lokasinya di Kelayu Selong.

Ibu Caca mengatakan bahwa metode pembelajaran bahasa Inggris di “Kampoeng Inggris” di  Kelayu, yaitu memiliki kurikulum yang sama dengan di “Kampoeng Inggris” Pare. Program pembelajaran tersebut terdiri dari grammaire, vocabulary, dan speaking.

Jadwal pembelajaran di “Kampong Inggris” Kelayu Selong, yaitu setiap hari yang bermula dari pukul 3 siang sampai dengan pukul 6 sore. Kemudian dilanjutkan lagi dari pukul 8 malam sampai dengan pukul 10 malam.

Dalam tiap kali pertemuan, peserta didik diberikan materi di dalam kelas atau di halaman terbuka. Setelah itu dilanjutkan dengan study club untuk bercakap-cakap secara bebas denga mengkaitkan materi yang telah diberikan.

Proses pembelajaran berbahasa Inggris berlangsung di dalam kompleks perum ahan yang berbentuk asrama, dan dilengkapi dengan taman, serta ruang-ruang khusus untuk belajar.

Setiap hari minggu diberikan ujian tertulis dan lisan oleh tutor. Adapun tutor-tutor tersebut juga merupakan alumni dari “Kampoeng inggris” Pare. Pada tiap akhir bulan, yaitu akhir bulan ke dua diberikan ujian lisan yang dilaksanakan di Gili Trawangan dan langsung berhadapan dengan “bule”.

Andalan peserta didik selama dua bulan belajar di “Kampoeng Inggris” Kelayu Selong adalah pada bulan pertama dengan pembentukan mental. Dalam arti peserta didik diberikan kesempatan untuk bercakap-cakap walupun itu salah. Pada bulan kedua adalah kemampuan dalam memahami bahasa inggris, merespon dan bebicara. []- -05



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085337771699, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan