logoblog

Cari

Tutup Iklan

Kenang Kejayaan Dengan Foto

Kenang Kejayaan Dengan Foto

Dompu - Berangkat dari keinginan memperkenalkan kembali masa kejayaan Kabupaten Dompu yang dahulu dikenal dengan Kerajaan Dompo, baik dalam pemerintahan, adat

Ide Kreatif

KM. Potu (KMP)
Oleh KM. Potu (KMP)
10 September, 2015 09:04:09
Ide Kreatif
Komentar: 0
Dibaca: 10691 Kali

Dompu - Berangkat dari keinginan memperkenalkan kembali masa kejayaan Kabupaten Dompu yang dahulu dikenal dengan Kerajaan Dompo, baik dalam pemerintahan, adat dan budaya kepada masyarakat, Gabungan Orang-orang Anggkatan 2000 disingkat Gong 2000, menggelar kegiatan Pameran Foto tempo dulu atau foto-foto jadul, yang bertempat di Jalan Beringin Pendopo Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat.

Menurut ketua panitia Muhammad Indermawan yang ditemui disela-sela kegiatan, pada Sabtu malam (05/09), bahwa pameran foto yang dilaksanakan oleh keluarga besar alumni SMU/SMK dan MA angkatan 2000 Kabupaten Dompu tersebut, adalah pameran foto dari masa ke masa dalam rangka mempublikasikan kembali bahwa Dompu pernah memiliki masa ke-emasan, dimana menurutnya image masyarakat lain selama ini bahwa Dompu tidak pernah ada apalagi memiliki kejayaan dimasa silam, baik itu dari dari aspek Pemerintahan Kesultanan atau Raja, maupun aspek adat dan budaya.

Persepsi demikian adalah persepsi yang salah. Padahal, "Jika melihat dari foto yang kami pamerkan, dan informasi dari beberapa tokoh yang ada, bahwa Kabupaten Dompu pernah memiliki kejayaan masa silam. Dan kejayaan tersebut ungkapnya berada dalam posisi strategis di Indonesia, baik dimasa kerajaan di Indonesia maupun era penjajahan kolonial, terang Inder.

Contohnya saja, sebagian foto diambil dari situs internet milik pemerintahan Kerajaan Belanda, artinya eksistensi Kabupaten Dompu diakui. Tegasnya kembali, "Sangatlah keliru jika sampai saat ini Dompu masih dianggap tidak memiliki rekam jejak sejarah emas, persisnya disimpulkan bahwa Dompu pernah memiliki masa kejayaan emas pada masa lampau" jika menilik dari foto-foto yang dipamerkan dan informasi sejarah yang ada.

 

Baca Juga :


Masih Inder, kegiatan ini bertujuan memberikan hal positif yakni memperkenalkan kepada masyarakat bahwa inilah Dompu, inilah daerah yang pernah memiliki masa kejayaan emas. Wilayah yang menurut sejarah adalah wilayah yang memiliki kerajaan tertua diwilayah Timur, yang menjadi target penaklukan Majapahit, sampai diucapkannya Sumpah Palapa oleh Maha Patih Gajah Mada.

Dikatakannya, foto-foto yang ditampilakn dalam pameran yaitu foto asli yang bersumber dari situs internet kerajaan Belanda, dan dari keturunan kesultanan Dompu serta budayawan di tanah Dompo. Foto diambil dengan cara jepret diatas jepret atau foto diatas foto. Perihal kegiatan Gong 2000 ini, keluarga besar Kabupaten Dompu, terutama yang berkontribusi dalam pemberian foto sangat mengapresiasi, karena Gong 2000 mampu membangkitkan kembali semangat dan kehidupan masa silam yang sarat nilai positif dalam aspek adat dan budayanya. Inisiatif tersebut harus kami dukung karena ada generasi muda yang peka terhadap kejayaan masa lampau dan ingin merekonstruksinya dalam bentukl pameran, tutur Inder, menirukan dari sumber foto. () -05



 
KM. Potu (KMP)

KM. Potu (KMP)

Lahir dan besar di Potu, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Senang menulis apapun secara bebas. Email : miftahulyani@gmail.com. Hp. 087866921180. Terinspirasi oleh KM. Bali 1.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan