logoblog

Cari

Tutup Iklan

Membangun Kebersamaan, Meraih Kesuksesan

Membangun Kebersamaan, Meraih Kesuksesan

KM-Bolo—Banyak hal yang akan kami lakukan memasuki awal tahun 2015. Mulai dari pembenahan masing-masing komunitas Kampung Media di kecamatan, hingga pada

Ide Kreatif

KM Bolo
Oleh KM Bolo
17 Februari, 2015 09:29:37
Ide Kreatif
Komentar: 0
Dibaca: 7335 Kali

KM-Bolo—Banyak hal yang akan kami lakukan memasuki awal tahun 2015. Mulai dari pembenahan masing-masing komunitas Kampung Media di kecamatan, hingga pada perencanaan program kerja KM untuk diterapkan di lapangan. Membangun komunikasi serta meningkatkan silaturahmi, juga sangat penting bagi komunitas kampung media di Kabupaten Bima untuk saling mengisih antara satu sama lain.

Belum lama ini—bertempat di sekretariat KM-Bolo—sejumlah ketua komunitas Kampung Media di Kabupaten Bima melakukan pertemuan membahas beberapa agenda maupun program kerja kampung media kedepan. Termasuk kesiapan para komunitas menuju Kampung Media Mandiri tahun 2016 nanti. Hal-hal seperti ini tidak lepas intensifnya koordinasi kami dengan Dishubkominfo Kabupaten Bima sebagai satuan kerja yang membidanginya.

Ada beberapa hal yang kami bahas dalam pertemuan itu. Seperti adanya rencana Dishubkominfo Kabupaten Bima tahun 2015 ini, akan mendorong komunitas kampung media di masing-masing kecamatan sebagai salah satu sumber atau gerbang informasi masyarakat. Hal ini diakui sepak terjang KM di lapangan terbukti salah satunya  memberikan nilai positif bagi pemerintah daerah dan masyarakat didalam menyebarluaskan informasi-informasi terkini yang berkembang di masing-masing wilayah.

Selain adanya rencana tersebut, dalam pertemuan yang dihadiri masing-masing ketua komunitas kampung media Bolo, Portal Himpas, Lengge Wawo, Jompa Mbojo (Woha), Perado, Wadupa’a (Soromandi), Salaja Kampo, Madapangga dan Dorokeke—juga membahas akan membangun usaha di nbidang jasa informasi (koran). Tentunya, untuk mencapai tujuan ini yaitu kami harus saling berinvestasi. Sehingga dalam pertemuan itu menemukan titik terang dan tinggal menunggu waktu yang tepat untuk dilaksanakan. Rencananya, lounching perdana usaha bersamaan kampung media ini akan mengundang Gubernur NTB TGH Dr Zainul Majdi MM. “Intinya, pak Gubernur diharapkan dapat meluangkan waktu hadir pada acara kita nanti,” harap teman-teman KM dalam rapat itu.

Pertemuan sekaligus silaturahmi tersebut berakhir dengan penerimaan/pengambilan honor penulisan kategori headline dan buku oleh masing-masing kampung media berdasarkan data yang dikirim oleh Dishubkominfo NTB via email KM Bolo. Canda tawa teman-teman yang hadir sembari melihat ‘angka’ yang tertera dalam honor hasil penulisan mereka. Namun bagi kami, seluruh komunitas kampung media menerima, bahwa ‘angka’ yang diterima tidak menjadi persoalan. Melainkan terpenting bagi kami adalah adanya bentuk penghargaan dan perhatian yang diberikan Pemerintah Provinsi NTB melalui Dishubkominfo atas apa yang kami sampaikan lewat Portal Kampung Media NTB.

Sejenak kebelakang. Sejak kampung media dibentuk oleh Dishubkominfo Provinsi NTB hingga ditetapkan dalam RPJMD NTB—sejak itulah Pemerintah Kabupaten Bima—salah satu daerah di NTB yang langsung memberikan respon positif terhadap pembentukan kampung media di wilayah kecamatan. Bahkan dalam pembahasan awal APBD tahun 2010, Pemerintah Kabupaten Bima mengalokasikan anggaran yang ditetapkan dalam DPA Dishubkominfo guna mendukung sekaligus mendorong kelancaran kegiatan kampung media di lapangan.

 

Baca Juga :


Perhatian  dan dukungan baik di tingkat eksekutif maupun legislatif, tidak terputus seiring berjalannya roda pemerintahan saat ini. Sebaliknya, komunitas kampung media memiliki tugas dan tanggung jawab dalam memberikan konstribusi balik seperti halnya menyebarluaskan informasi kepada masyarakat luas lewat dunia IT atas program apa saja yang telah dicapai. Hal penting pula, kegiatan KM di lapangan juga mendorong ekonomi kreatif masyarakat, disamping merubah prilaku budaya bertutur masyarakat menjadi budaya menulis. Intinya, kami sebagai komunitas kampung media di kecamatan akan terus menyebarkan “virus-virus” kebaikan. Salah satunya adalah mengangkat potensi yang ada.(adi) - 05

 

 



 
KM Bolo

KM Bolo

Koordinator: SURYADIN Alamat : Jl. Lintas Sumbawa No.53 Desa Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima Prov. NTB URL:kmbolo.com email:kmbolo@ymail.com Kontak Person: 085-25332-3535 ANGGOTA: Erik, Buhari, Rahmi

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan