Cari

Tutup Iklan

Ide Kreatif

Biji Mangga Itu Dapat Di Makan

Biji Mangga Itu Dapat Di Makan

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
27 Januari, 2015 22:21:58
Ide Kreatif
Komentar: 86
Dibaca: 10852 Kali


Buah mangga merupakan salah satu jenis buah yang namanya disamakan  dengan nama pohonnya. Buah mangga itu sering juga disebut buah mempelam. Pohonnya pun dapat tumbuh di berbagai jenis tanah, sehingga buah mangga ini muda ditemukan di berbagai daerah.

Dalam bahasa ilmiahnya, buah mangga termasuk dalam suku Anacardiaceae dan marga Mangifera dengan Mangifera Indica. Tinggi pohon mangga antara 10m – 40m. Konon ceritanya, buah mangga itu  tersebar ke seluruh bagian wilayah yang ada di Asia Tenggara, yaitu  kurang lebih 1500 tahun yang silam, dan buah  mangga itu berasal dari Burma dan India.

Di saat musim mangga telah berbuah, banyak kita temukan buah mangga tergantung di selah-selah daunnya. Pada pekerangan rumah penduduk , mata kita sudah menjadi familier pada buah mangga yang menjadi penghias halaman rumah penduduk. Di berbagai daerah, khususnya di wilayah Selong-Lombok Timur, jenis pohon mangga yang marak menjadi tanaman hias di pekerangan rumah penduduk adalah mangga golek, mangga arum manis, mangga appel.

Buah mangga itu tergolong buah yang mempunyai daging. Ukuran dan bentuknya beraneka macam tergantung jenisnya. Ada yang berbentuk bulat seperti mangga gedong, berbentuk bulat telur seperti mangga arum manis, ada yang bentuknya kecil tapi manis ,. ada juga juga yang berbentuk lonjong memanjang seperti mangga golek, dll.

Daging buah mangga bila dikomsumsi , tentu memiliki khasiat pada kesehatan. Ada pu khasiat dari buah mangga tersebut adalah :  diantaranya  dapat menurunkan kolesterol, mencegah serangan kanker, memelihara kesehatan mata, menjaga kadar insulin, menurunkan panas, meningkatkan sistem imun, membersihkan wajah, memperlancar pencernaan, dan lain sebagainya.

Bukan hanya daging mangga yang dapat dikomsumsi dan memilki khasiat pada kesehatan,.namun bijinya pun dapat dikomsumsi sebagai pengganti beras. Mungkin anda heran atau terkejut bila membaca kalimat ini kalau ternyata biji mangga dapat di makan.

Untuk lebih jelasnya, penulis tuturkan bahwa pada zaman kerajaan di Sulawesi selatan, orang Selayar yang tidak mampu membeli beras harus bertahan dengan menyantap ubi gadung dan biji mangga yang dicincang kemudian dikukus. Bahkan biji mangga ini dapat dibuat tepung.

Di wilayah Selayar pada waktu itu tidak memiliki areal persawahan. Mereka hanya bekerja sebagai nelayan dan bertani di kebun-kebun dengan menanam tumbuhan berupa umbi-umbian, pohon jeruk, pohon mangga , dll. Ada pun  beras yang dapat dikomsumsi pada waktu itu adalah  diambil atau dibeli di daratan seberang, yaitu di Bulu Kumba. Selayar merupakan sebuah pulau kecil yang masih merupakan salah satu kabupaten yang ada di Sulawesi selatan.

Penulis yang berasal dari Sulawesi Selata dan berdomisili di Wilayah selong, Kabupaten Lombok Timur, gemar dengan makanan unik. Pada musim mangga yang kini telah datang, tidak membiarkan biji mangga untuk dibuang ditempat sampah. Penulis pun kerap kali menguliti kulit bagian luar dari biji mangga, lalu dipotong-potomg berbentuk segi empat, dan kemudia dikukus bersama ubi kayu yang telah dipotong-potong juga. Setelah itu, penulis pun menambahkan sedikit garam  sebagai penambah rasa ke dalam panci ketika melakukan pengukusan biji mangga. Setelah Biji mangga dan ubi kayu sudah matang, penulis pun melumutinya denga parutan kelapa. Agar lebih berselera, penulis pun menyantapnya dengan ikan laut  atau ikan kering (ikan bajo) yang sudah digoreng dengan bumbu penyedap.   [] - 01

 



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085337771699, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

86 KOMENTAR

  1. KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    10 Juni, 2017

    Berbuka puasa dengan jus mangga...Mantap....


  • KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    16 Februari, 2015

    Walaupun kita tidak pernah pertemu dengan seseorang, tapi lewat hasil pekerjaannya atau cara kerjanya dapat diketahui karakter, tingkat emosionalnya, nilai kejujurannya, dan tingkat kompetensi yang dimilikinya.


  • KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    16 Februari, 2015

    bekerja itu bukan hanya bermodalkan skil, tapi harus dibarengi dengan moral, keimanan, sifat kemanusiaan, dan kejujuran, dan mampu menstabilkan emosi.


  • KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    13 Februari, 2015

    kecewaka karena Rosi tersenggol di Dangdut Akademi Indosiar padahal suaranya bagus sekali...


  • KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    04 Februari, 2015

    Ali : rajin aza menulis.


  • KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    03 Februari, 2015

    memberi informasi bermanfaat adalah amal jariyah.


  • KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    03 Februari, 2015

    menyampaikan pengetahuan ke pada orang lain berarti bersedekah.


  • KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    03 Februari, 2015

    menulis butuh konsentrasi


  • KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    03 Februari, 2015

    ketika aku keluar, saya tidak pernah lupa menyelipkan selembar kerta dan polpen di dalm tas, karena sewaktu-waktu saya di pinggir pantai atau di tempat sepi, saya selalu mempergunakan waktu itu untuk menulis, bahakan di pesawat pun terkadang kumenulis.


  • KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    03 Februari, 2015

    warna tulisan orang dapat diketahui dari cara atau kebiasaannya dalam merangkai kalimat. Lewat kalimat-kalimat yang dituankan oleh penulis dapat diketahui karakternya.


  •  
     

    TULIS KOMENTAR

    Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
     
    Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
     
    Tutup Iklan