logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pohon Terong Berbuah Cabe

Pohon Terong Berbuah Cabe

Pohon terong dan pohon cabe merupakan dua jenis tumbuhan yang serumpun. Ke dua jenis tumbuhan ini memiliki jenis batang yang sama,

Ide Kreatif

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
18 Januari, 2015 21:14:38
Ide Kreatif
Komentar: 2
Dibaca: 436647 Kali

Pohon terong dan pohon cabe merupakan dua jenis tumbuhan yang serumpun. Ke dua jenis tumbuhan ini memiliki jenis batang yang sama, yaitu tidak besar namun bertangkai. Ukurannya pun kurang lebih sama, begitu pun juga memilki jenis akar yang sama yaitu berakar tunggang. Hanya saja pada akar tunggang yang merupakan akar primer pada ke dua jenis pohon ini, akan tumbuh memanjang ke dalam tanah dan memiliki cabang-cabang yang dipenuhi dengan serabut.

Adanya kesamaan yang terdapat pada ke dua jenis pohon tersebut, yaitu pohon terong dan pohon cabe, sehingga memungkinkan untuk bisa disatukan. Bentuk penyatuan dari ke dua pohon tersebut adalah dengan melakukan sistem sambung. Sistem penyambungan pada ke dua pohon tersebut, penulis akan membahasakannya sesuai dengan apa yang ter’under record’ dari cerita Haji kamiluddin yang tinggal di Kelayu-Selong, Kabupaten Lombok Timur.

Menurut Haji Kamiluddin yang sudah berusia 67 tahun bahwa sistem penyambungan pohon terong dan pohon cabe dapat dilakukan dengan mengambil sebuah tangkai pohon cabe yang memili kulit yang sudah tua dan keras. Ada pun pemilihan tangakai pohon cabe yang berkulit tua dan keras adalah agar memudahkan nantinya untuk tumbuh pucuk daun ketika sudah disambungkan dengan tangkai pohon terong.

Namun satu hal yang perlu dilakukan ketika anda sudah menemukan tangkai pohon cabe yang akan disambungkan pada tangkai pohon terong adalah mencari tangkai pohon terong yang sama ukuran besarnya dengan tangkai pohon cabe. Sebab kalau anda memilih tangkai pohon cabe yang lebih besar atau lebih kecil dari tangkai pohon terong, itu nantinya sulit untuk terjadinya keseimbangan berat pada ke dua jenis pohon tersebut.

Di saat anda sudah menemukan tangkai pohon terong yang akan dijadikan tangkai sambungan pada tangkai pohon cabe, lakukan pemangkasan atau pemotongan pada bagian atas dari tangkai pohon terong. Setelah itu, tangkai pohon terong yang sudah dipotong atau dipangkas pada bagian atasnya, lakukan pembelahan pada ujung tangkai pohon terong.

Tujuan pembelahan ini adalah agar tangkai pohon cabe yang sudah dipotong dari pohonnya atau batangnya dapat dimasukkan pada selah belahan tangkai pohon terong. Olehnya itu pada tangkai pohon cabe yang telah dipisahkan dari batangnya tadi, buang bagian kulit luar dan lapisan kulit dalamnya pada sisi kanan dan sisi kiri agar bagian inti dari dari tangkai pohon cabe dan bagian inti dari dari bagian dalam tangkai pohon terong dapat menyatu dan bersentuhan langsung.

Setelah itu, masukkanlah pangkal tangkai pohon cabe ke dalam belahan tangkai pohon terong. Ikatlah dengan kuat  penyatuan  pada ke dua tangkai tersebut dengan mempergunakan tali rapiah. Jangan sampai ada udara yang bisa masuk,karena dengan masuknya udara ke dalam selah penyatuan tersebut akan menghambat pertumbuhan pucuk daun pada bagian atas dari ujung tangkai pohon cabe.

 

Baca Juga :


Untuk membantu pertumbuhan pucuk daun pada ujung tangkai pohon cabe yang tersisa dari ikan tali rapiah di bagian atas , lakukan penyiraman dengan dua kali sehari, yaitu pagi dan sore menjelang malam. Anda harus berhati-hati menyentuh sambungan dari ke dua tangkai pohon itu, karena jangan sampai terjadi pergeseran posisi pada sambungan tersebut atau terjadi kepatahan.

Selang beberapa hari kemudian di saat pucuk daun cabe sudah mulai tumbu diujung kulit dari tangkai pohon cabe yang tersisa dari ikatan tali rapiah pada bagian atas, biarkan pembalut tali rapiah itu tetap melekat pada sambungan tersebut sampai pucuk daun itu menjadi mekar dan membesar.

Di saat pucuk daun cabe pada kulit bagian atas atau pada bagian ujung tangkai pohon cabe yang tersisa dari balutan  tali rapiah yang ada pada bagian bawah sudah mekar dan sudah memilki juga tangkai, anda bisa melepaskan tali rapiah dari sambungan itu.

Ketika musim cabe telah berbuah, anda bisa juga menunggu dan menyaksikan buah cabe di atas pohon terong. Akan tetapi, jika anda ingin menyaksikan paduan buah cabe dan terong di atas pohon terong, pada tangkai lain yang ada di atas pohon terong tersebut jangan dipotong atau dipangkas. Biarkan tangkai-tangkai lain juga tumbuh dengan mekarnya, supaya ada dua jenis buah di atas satu pohon terong. Kecuali kalau anda hanya ingin melihat satu jenis buah saja di atas pohon terong, berarti cabang-cabang atau tangkai lain yang ada pada batang terong itu harus dipotong dan jangan biarkan tumbuh. Berarti dengan hal ini anda akan melihat pohon terong berbuah cabe.[] - 05



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085337771699, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

  1. KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    29 Januari, 2015

    pohon terong di sambung dengan pohon cabe.


  • KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    21 Januari, 2015

    sistem sambung juga bagus sekali pada kembang kertas yang beda warna, biar bervariasi warna bunganya nanti....


  •  
     

    TULIS KOMENTAR

    Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
     
    Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
     
    Tutup Iklan