logoblog

Cari

Tutup Iklan

Cara Ampuh Mengusir Lalat

Cara Ampuh Mengusir Lalat

Narmada KM, Musim hujan mulai tiba membuat bumi yang sebelumnya kering kembali basah, tumbuh-tumbuhan seakan bersoarak gembira dengan keluarnya tunas baru,

Ide Kreatif

Desa Mekar Sari Narmada
Oleh Desa Mekar Sari Narmada
19 Desember, 2014 15:16:11
Ide Kreatif
Komentar: 0
Dibaca: 30148 Kali

Narmada KM, Musim hujan mulai tiba membuat bumi yang sebelumnya kering kembali basah, tumbuh-tumbuhan seakan bersoarak gembira dengan keluarnya tunas baru, pemandangan dedaunan hijau menghiasi sejauh mata memandang dan para petani yang mempunyai sawah tadah hujan kembali beraktifitas dengan semangat untuk mengolah dan menanam padi dilahannya.

Sungguh hujan merupakan anugrah bagi alam dan berkah untuk penghuninya, namun tidak ada sesuatu yang diciptakan Tuhan dengan segala kesempurnaan, selalu ada saja yg menjadi kekurangan termasuk musim hujan. Salah satunya adalah berkerumunnya lalat ditempat tempat teduh seperti rumah, gudang, warung atau tempat lainnya.

Inilah yang banyak sekali dikeluhkan warga jika telah datang musim hujan, kerumunan lalat sangat menggagu sekali, bukan hanya dari sisi kesehatan namun juga rumah terlihat jorok dengan adanya lalat yang bertebaran disekitarnya, hal itulah yang dialami oleh Laela seorang pemilik kios klontong asal Dusun Tempit Desa Mekar Sari Kecamatan Narmada, dia mengaku hampir putus asa karena keberadaan lalat dikiosnya banyak sekali hingga kios yang sehari harinya tampak bersih dan rapi mendadak menjadi jorok dan terlihat tidak sehat dengan banyaknya lalat yang berterbangan dan hinggap di barang daganganya.

Bukannya tampa usaha untuk mengusir lalat yang ada dikiosnya, Laela sudah mencoba beberapa cara yang disarankan oleh teman-temannya seperti menyalakan lilin, menggunakan kipas angin sampai menggunakan metode paling gila dan melelahkan yaitu memukul satu persatu lalat yang hinggap dibarang dagangannya dengan menggunakan kipas dari anyaman bambu atau yang biasa disebut antep oleh orang Lombok.

Akhirnya Laela berinisiatif minta bantuan kepada adik iparnya untuk dicarikan cara mengusir lalat yang ampuh dengan memanfaatkan media internet, meski seorang pedagang namun ibu 2 anak itu sering mendengar jika di internet  bisa menemukan semua hal yang diinginkannya. Adalah Mariatun 23 tahun adik ipar dari Laela dengan cekatan mencari banyak informasi cara mengusir lalat dengan cara browsing di internet, karena Mariatun selama ini berprofesi sebagai operator warnet PLIK SP yang dikelola oleh Kampung Media Narmada.

Sore itu Senin 15 Desember 214 setelah pulang dari wanet Mariatun langsung memberitahukan Laela cara ampuh mengusir lalat yang ia dapatkan setelah googling di dunia maya, sambil mengerutkan dahinya Laela seakan tidak percaya setelah Mariatun menjelaskan bahwa cara sederhana mengusir lalat adalah dengan menggantungkan air yang sudah dimasukkan kedalam plastik bening dan ditaruhkan satu biji cabe rawit.

 

Baca Juga :


Untuk lebih menyakinkan istri dari kakanya itu Mariatun mencoba menjelaskan secara ilmiyah dari apa yang dia baca tadi pagi di internet, kenapa cara itu bisa digunakan untuk mengusir lalat? Karena mata lalat itu sangat sensitif dengan pantulan cahaya dari air yang digantung tersebut, kemudian Mariatun memberikan contoh jika disebuah sungai atau kali yang berair jernih maka bisa dipastikan tidak terdapat seekor lalatpun disekitarnya karena pantulan cahaya dari air kali itu sangat sensitif bagi mata lalat.

Dari penjelasan yang diberikan oleh Mariatun dan ditambah lagi dengan cerita dari temannya yang bernama Nurun asal Desa Badrain Kecamatan Narmada menumbuhkan keyakin untuk mau menggunakan cara itu, “sayapun diwarung nasi  pake ini dan terbukti ampuh mengusir lalat”. Kata Nurun sambil menunjuk air yang sudah dimasukkan kedalam plastik bening dan diikat tali rapia dan siap untuk digunakan.

Dan mulai selasa pagi Laela mulai menggatungkan air yang sudah dimasukkan dalam plastik bening yang biasa dia pake membuat es batu dengan menambahkan sebiji cabe rawit berwarna merah disetiap platiknya, ada tiga gantungan air dalam plastik yang diposisikan ditempat yang banyak berkerumun lalat dikios klontong berukuran 5 X 7 meter persegi tersebut. Dan sungguh diluar dugaan mpunya kios, saat hari beranjak siang lalat yang tadinya berkerumun hingga ratusan tidak terlihat lagi, meskipun ada hanya satu dua saja, “seperti ndak masuk akal ini” kata Laela sambil menggelengkan kepala.

Gantungan air tersebut tidak sedikit mengundang tanya kepada setiap pengunjung kios Laela baik dari ibu-ibu yang biasa belanja kebutuhan sehari-hari maupun pedagang kanvas yang menawarkan barangnya kekios tersebut, dan setelah mendengarkan penjelasan pemilik kios, jika air yang digantung itu bisa mengusir lalat maka sebagian besar dari mereka akan mempraktekkan cara tersebut, rupanya ibu-ibu tersebut mempunyai masalah yang sama yaitu pusing dengan kerumunan lalat dirumah mereka masing-masing. (Abdul Satar) - 05



 
Desa Mekar Sari Narmada

Desa Mekar Sari Narmada

Posisi di Narmada Kabupaten Lombok Barat NTB TIM : Abdul Satar, Zikrul Hamdani, Rizal Basri, H Abd. Rahim Salim, Abdul Mustar, Maryatun Hasanah Email : satar.tempit@gmail.com HP : 087864350004

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan