logoblog

Cari

Tutup Iklan

Air Tawar Dari Sumur Pantai

Air Tawar Dari Sumur Pantai

Km rumah panggungku Imbas musim kemarau masih dirasakan oleh warga Selengen Kecamatan Kayangan. Warga masih kekurangan air bersih, tapi mengatasinya dengan

Ide Kreatif

KM. Rumah Panggungku
Oleh KM. Rumah Panggungku
09 Desember, 2014 04:38:49
Ide Kreatif
Komentar: 0
Dibaca: 8578 Kali

Km rumah panggungku Imbas musim kemarau masih dirasakan oleh warga Selengen Kecamatan Kayangan. Warga masih kekurangan air bersih, tapi mengatasinya dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan membuat Sumur Bor di Pantai Ketapang.

Air memang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari bagi umat manusia.Tanpa ketersediaan air tentu manusia dan makhluk hidup lainnya tidak bisa hidup. Kesulitan air pun sangat terasa ketika musim kemarau berkepanjangan melanda bumi ini .Berbagai aktivitas dari warga untuk mendapatkan air bersih pun dilakukannya dengan berbagai cara, diantaranya, selain menggunakan saluran PDAM, juga dilakukan dengan membuat sumur bor. Terutama yang dilakukan oleh Sugeng yang sehari-harinya tinggal di daerah pesisir pantai Ketapang.

Selama 8 tahun berjualan nasi dan makanan ringan lainnya di warung miliknya di Pantai Ketapang Desa Selengen Kecamatan Kayangan KLU, keluarga Sugeng (28) hidup bahagia.

Selama menjalani kehidupan bersama keluarganya itu, Sugeng mengaku kebutuhan akan air bersih selama ini tidak menjadi masalah baginya. Pasalnya, air bersih yang digunakannya adalah dari hasil sumur bor yang dibuatnya sejak 5 tahun silam. Tidak tanggung-tanggung, sumur bor yang dibuatnya itu, airnya tidak asin alias tawar. Padahal, katanya, jarak sumur bor dengan garis pantai (di ukur dari pasang surutnya air laut) hanya berjarak 15 meter. “Jadi sumur bor dengan kedalaman 8 meter itu dibuat masih di bibir pantai,”kata Sugeng.

Dari puluhan warga yang hidup dan berjualan di pantai Ketapang tersebut, hanya keluarga Sugeng yang memanfaatkan sumber sumur bor sebagai kebutuhan akan air bersih untuk kehidupan keluarganya. Sugeng yang sehari-harinya hanya hidup dari hasil melaut ini mengaku sangat bersyukur bisa memanfaatkan air bersih yang bersumber dari air bawah laut Tampes itu. Sehingga terkait dengan kebutuhan akan air bersih, sudah tidak ada masalah bagi keluarganya.

 

Baca Juga :


Kepala Desa Selengen Sadirman yang dikonfirmasi terkait dengan adanya air tawar disepanjang garis pantai Ketapang- Tampes Desa Selengen Kecamatan Kayangan KLU itu mengatakan, tidak asinnya air disepanjang garis pantai Ketapang-Tampes itu disebabkan karena disepanjang garis pantai tersebut terdapat cekungan yang berisi air taawar. Dimana di sepanjang garis pantai itu dibagian dinding sebelah utara dari cekungan tersebut adalah hamparan gunungan battu yang membentang dari arah barat terus ke timur hingga ujung timur pulau Lombok.”Inilah yang menyebabkan air disekitar garis pantai khususnya di pantai Ketapang-Tampes itu tawar tidak asin,”jelas sadirman. (ze e) - 05

 

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan