logoblog

Cari

MENGOLAH PIPET BEKAS MENJADI RANGKAIAN BUNGA

MENGOLAH PIPET BEKAS MENJADI RANGKAIAN BUNGA

Pipet bekas merupakan salah satu sampah anorganik yang bersumber dari bahan plastic. Jenis sampah plastic biasanya susah untuk terurai meskipun dalam

Ide Kreatif

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
03 Mei, 2014 21:43:57
Ide Kreatif
Komentar: 0
Dibaca: 112700 Kali

Pipet bekas merupakan salah satu sampah anorganik yang bersumber dari bahan plastic. Jenis sampah plastic biasanya susah untuk terurai meskipun dalam waktu yang cukup lama. Sampah yang bersumber dari bahan plastic yang berupa pipet ini banyak sekali berserakan di lingkungan kita. Sampah yang berupa pipet ini ternyata bisa dibuat menjadi hiasan dinding oleh orang-orang yang memiliki jiwa seni dan memiliki kreatifitas untuk mengolahnya. Tetapi tidak banyak yang memiliki kreatifitas untuk mengolah sampah yang berupa pipet plastic ini sebagai bahan untuk membuat suatu karya seni.

Berikut ini penulis ceritakan sedikit mengenai salah seorang wanita yang mengolah pipet bekas menjadi bunga yang bisa dijadikan sebagai hiasan dinding di rumahnya. Perempuan tersebut adalah Hadian Sartika yang merupakan salah seorang warga Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kecamatan Pringgbaya. Ia mulai membuat pipet bekas menjadi bunga/hiasang dinding sejak beberapa bulan yang lalu.

“Saya mulai tertarik untuk membuat bunga dari bahan pipet bekas sejak saya mulai berjualan es Marimas (Es yang dibubuhi dengan serbuk Marimas dan jenis serbuk softdring lainnya). Es ini cukup digemari oleh anak-anak dan biasanya setelah es mereka habis, maka mereka membuang sampahnya (pipet dan plastic bungkus es) sembarangan. Melihat pipet bekas itu berserakan, saya terfikir untuk mengumpulkan pipet itu supaya tidak menjadi sampah di depan kios saya.

Beberapa hari saya mengumpulkan pipet itu, saya berfikir untuk apa pipet itu saya kumpulkan. Dan ahirnya saya mencoba untuk membuat bunga yang bentuknya cukup sederhana. Satu per satu pipet bekas itu saya gunting dan bentuk seperti dahan dan lingkaran kecil-kecil yang berupa tiruan bunga sepatu yang belum mekar. Setelah itu saya coba merangkainya dan jadilah pioet bekas itu rangkaian bunga yang kemudian saya gantung sebagai hiasan diding di kamar tamu. Itulah awal saya berkereasi membuat pipet bekas menjadi hiasan dinding yang berbentuk bunga.

Beberapa orang teman saya yang datang kerumah ahirnya tertarik dengan bunga dari pipet bekas buatan saya itu. Kemudian mereka menyuruh saya untuk membuat. Lama-lama rangkaian bunga dari pipet bekas itu diminati dan dibeli oleh teman-teman tadi dan sudah 3 orang yang saya ajari untuk membuatnya” (Wawancara/03/05/2014).

Bunga dari bahan pipet bekas itu memang cukup menarik dan cukup indah sebagai penghias dinding rumah dan bisa juga dijadikan sebagi penghias jendela. Alat dan bahan pembuatannya juga cukup gampang dan mudah ditemukan di lingkungan kita. Hanya dengan bahan pipet bekas dan dengan alat berupa gunting dan steples/geljek. Meskipun demikian, tidak semua orang dapat melakukannya sebab tanpa kreatifitas dan keinginan yang serius semua itu sulit untuk dilakukan.

 

Baca Juga :


Hasil kreasi dari bahan pipet bekas ini ternyata bisa diuangkan. Menurut keterangan Sartika, biasanya ia menjual satu rangkaian bunga dari pipet bekas itu seharga Rp. 10.000 kepada beberapa orang yang tertarik untuk memilikinya. Dan ia juga menerangkan bahwa hingga saat ini Ia sudah mengajari 9 orang untuk membuat kreasi bunga dari pipet, tetapi hanya 2 orang yang serius belajar dan kini sering berkreasi untuk membuat bunga dari pipet bekas sebagai hiasan dinding di rumah mereka.

Kerabat Kampung Media yang budiman, ternyata sampah plastic yang berserakan di sekitar kita dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk berkereasi. Saya yakin di sekita Kerabat Kampung Media juga banyak orang-orang yang mampu berkereasi untuk mengolah sampah menjadi barang-barang seni yang dapat diuangkan. Oleh sebab itu, bantu mereka untuk mempublikasikan hasil karya-nya. Siapa tahu karya-karya mereka dapat dilirik dan diberdayakan oleh Pemerintah. [] - 01

_ASRI ASA_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan